Desa Natar Kecamatan Natar Anggarkan DD Program Ketahanan Pangan Rp167, 320, 000 Untuk Berternak Kambing

Desa Natar Kecamatan Natar Anggarkan DD Program Ketahanan Pangan Rp167, 320, 000 Untuk Berternak Kambing

Desa Natar Kecamatan Natar Anggarkan DD Program Ketahanan Pangan Rp167.320.000 Untuk Berternak Kambing---

NATAR, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Sejumlah desa di kecamatan Natar kabupaten Lampung Selatan mulai merealisasikan program ketahanan pangan untuk mewujudkan desa dengan ketahanan pangan yang tangguh dan bermanfaat untuk jangka panjang.

Salah satu desa merealisasikan anggaran ketahan pangan yakni desa Natar, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Desa ini menganggarkan dana desa sebesar Rp167.320.000 untuk membuat kandang kambing dan membeli indukan kambing untuk diternak oleh masyarakat.

Kepala Desa Natar M. Arif mengatakan, mengatakan, direalisasikannya anggaran ketahanan pangan ditahap pertama dana desa tahun 2024 bertujuan supaya hasil program ini dapat dirasakan ditahun ini juga.

" kita realisasikan diawal supaya diakhir tahun hasilnya sudah kelihatan dan manfaat untuk masyarakat dengan cepat dirasakan juga," ujar M. Arif.

Masyarakat penerima manfaat dari ketahanan pangan diharapkan betul-betul serius mengelola program ini, karena tujuan dari program ini sangat bagus untuk jangka panjang.

Seperti halnya berternak kambing mesti dijalankan dengan betul-betul, seandainya program ini berhasil semua warga dapat merasakan manfaatnya.

" Kalu program ini berhasil, kita berlakukan sistem bergulir jadi semua masyarakat bisa berternak kambing. Tahun mendatang insyaallah kita tambah lagi indukan kambingnya," ucap kades Natar.

Kasi Ekonomi Pembangunan kecamatan Natar, Edo Hansen mengatakan, program ketahanan pangan merupakan prioritas kementrian desa dengan begitu program ini harus betul-betul berjalan sebagaiman mestinya.

" Harapannya program ini berhasil supaya manfaat jangka panjang untuk masyarakat dapat betul-betul dirasakan," ucapnya.

" contohnya ternak kambing, kalau yang menerima saat ini berhasil untuk ternak selanjutnya diberikan ke masyarakat lainnya supaya semua bisa merasakan dan program ini berjalan jangka panjang," pungkasnya.

Selain menganggarkan dana ketahanan pangan Pemerintah desa juga membuka badan jalan bersama puluhan masyarakat yang disaksikan langsung oleh camat Natar Supi'ah, S.Ag, M.Si.(*)

 

 

 

Sumber: desa natar kecamatan natar kabupaten lampung selatan