Operasi Mantap Praja Krakatau 2024, Polres Lamsel Siap Kawal Pilkada

Operasi Mantap Praja Krakatau 2024,  Polres Lamsel Siap Kawal Pilkada

Foto : Istimewa ---

KALAIANDA, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Kepolisian Resor (Polres) Lampung Selatan menggelar Apel Kesiapsiagaan Operasi Mantap Praja Krakatau 2024, Sabtu 24 Agustus 2024.

Kegiatan tersebut dilakukan menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024, apel dilaksanakan di Depan KPUD Lampung Selatan.

Ratusan personel gabungan dari Polres Lampung Selatan diterjunkan, prajurit Kodim 0421/LS, Satpol PP Pemda Lamsel, Anggota KPUD Lamsel, Linmas, Senkom dan elemen masyarakat lainnya.

Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto selaku pimpinan apel, mengatakan, jika gelaran apel ini sangat penting dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personil yang akan di terjunkan langsung.

Kata Bupati, kelengkapan sarana dan prasarana Polres Lampung Selatan serta unsur terkait lainnya agar betul betul dipersiapkan sesuai prosedural pengamanan.

“mengingat arti penting strategisnya keberlangsungan kepemimpinan daerah, maka polri khususnya Polres Lampung Selatan berperan sebagai penanggung jawab keamanan serta berkewajiban mengawal dan menjaga Pilkada Kab. Lamsel” kata Nanang.

Menurut Nanang Ermanto, Di Pilkada bisa saja ada potensi kerawanan yang perlu diantisipasi sejak dini, supaya tidak menggangu dan menghambat proses pencoblosan di setiap TPS nantinya.

Dalam pengamanan Pilkada 2024 di Kabupaten Lampung Selatan terdapat 1.586 TPS yang tersebar di 17 kecamatan, dan 260 desa/kelurahan, dengan jumlah pemilih sebanyak 788.063 jiwa.

Kapolres Lampung Selatan AKBP Yusriandi Yusrin menjelaskan bahwa Polres Lampung Selatan telah mempersiapkan dan melatihkan 378 Personilnya untuk melaksanakan pengamanan di semua tahapan Pilkada di tahun 2024 ini. 

“kami juga akan mengajukan permintaan BKO Brimoda dan Samapta Polda Lampung, untuk membantu tugas pengamanan di Lampung Selatan” teganya.

“kami lakukan pencekan kesiapan sarana dan prasana yang kami miliki, dan melatihkan anggota Polres Lampung Selatan terutama untuk penjagaan, pengawalan dan pengendalian masa” kata Yusriandi Yusrin.

Dengan kegiatan kegiatan kemasyarakatan dan cooling system serta kita harus optimis dan yakin situasi kamtibmas di Lampung Selatan, melalui komunikasi, kolaborasi koordinasi Kerjasama yang baik sesame kita harus kita laksanakan secara opstimal.

Sumber: