Penguatan Kapasitas PKD, Panwascam Natar Hadirkan Mantan Ketua Bawaslu Lampung Selatan

Penguatan Kapasitas PKD, Panwascam Natar Hadirkan Mantan Ketua Bawaslu Lampung Selatan

Panwascam kecamatan Natar gelar Pembinaan dan Penguatan Kapasitas Pengawas Kelurahan Febi Herumanika Radarlamsel---

NATAR, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Panwascam Natar menggelar acara Pembinaan dan Penguatan Kapasitas Pengawas Kelurahan Desa (PKD) sekecamatan Natar di Gedung Olah Raga (GOR) Bhineka Desa Kalisari Kecamatan Natar.

Menurut Ketua Panwascam Natar Amirudin, Acara ini merupakan salah satu upaya peningkatan kapasitas PKD supaya menjaga profesionalitas dan menjalankan tugas serta tanggung jawab sebagai pengawas Pemilu di tingkat Desa dalam menghadapi tantangan dan hambatan di Pilkada yang semakin kompleks.  

"Kita dituntut untuk lebih cermat, teliti, dan tegas dalam menjalankan tugas demi menjaga integritas dan keadilan dalam proses demokrasi di wilayah kita, melalui acara ini, kita semua dapat lebih memahami tugas dan tanggung jawab kita, serta semakin solid dalam bekerja sama demi tercapainya tujuan bersama". Tegasnya.

Acara berlangsung secara lancar, berjalan sesuai dengan jadwal yg disusun oleh panitia.

 "Saya berharap agar Acara penguatan kapasitas ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita semua dan semakin memantapkan jajaran Pengawas di Desa dalam menunaikan tugas pengawasan di desa masing-masing". Pungkasnya

Anggota Panwascam Natar, Novendri dan Damari Dalam kesempatan itu Novendri mengingatkan bahwa pengawas harus tau dan ingat tahapan Pilkada supaya tidak ada momentum dan tahapan pilkada yang terlewati. 

"Setiap tahapan (tanggal) kegiatan kita harus tahu, agar kita bisa sampaikan surat pencegahan untuk meminimalisir terjadinya tindak kecurangan yg bisa dilakukan oleh siapa saja, baik penyelenggara, ataupun peserta dan kita juga harus awasi Netralitas ASN, TNI Polri serta Kepala Desa dan Aparatur Desa" tegasnya. 

Sementara, Damari mengisi acara dengan bermain game atau permainan, Permainan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kekompakan (Team Building) dan kepekaan PKD terhadap lingkungan kerja daerah pengawasan.

 "Kita selingi dengan Permainan agar peserta tidak jenuh, dan yang lebih penting adalah meningkatkan kekompakan antar PKD dan menyadarkan PKD agar lebih peka terhadap lingkungan pengawasan," Ungkapnya.

Tidak kalah menarik, Panwascam Natar menghadirkan mantan ketua Bawaslu Lampung Selatan Hendra Fauzi, Dalam kesempatan itu Hendra menjelaskan arti penting pengawasan dalam Pilkada, Undang-undang yang melandasi penyelenggaraan Pilkada tahun 2024, hingga kondisi terkini terkait keputusan MK dan peran penting PKD yang termuat dalam undang-undang No. 10 Tahun 2016.

"PKD harus tahu apa yang menjadi obyek pengawasan kita, wilayah serta steakholder di desa masing-masing. Jangan sampai jika ditanya apa yg diawasi oleh pengawas pilkada dan bentuk atau jenis-jenis pelanggaran tidak tahu. Ini akan menjatuhkan Marwah lembaga" tuturnya.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan acara photo bersama antara pemateri, Panwascam Natar, Panitia dan Peserta.

 

 

Sumber: