Keren! Siswa SMAN 1 Kalianda Tampilkan Pelbagai Kesenian di Penilaian Praktik Seni

Keren! Siswa SMAN 1 Kalianda Tampilkan Pelbagai Kesenian di Penilaian Praktik Seni

KALIANDA, RADARLAMSEL.COM - SMA Negeri (SMAN) 1 Kalianda mulai menggelar rangkaian ujian yang dilaksanakan sejak Jumat (3/3/2023). Ujian praktik seni para siswa kelas 12 itu akan dijadikan guru sebagai bahan penilaian. Karena judulnya ujian seni, sudah barang tentu para siswa menampilkan pelbagai macam kesenian. Beda kelas, beda juga temanya. Ada yang menampilkan sebuah kabaret, drama, menyanyikan lagu, melantunkan puisi, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan seni.

\"Macam-macam, sesuai minat dan bakat siswa,\" kata Kepala SMAN 1 Kalianda, Darmiyati, M.Pd kepada Radar Lamsel.
Mantan Kepala SMAN 2 Kalianda ini melanjutkan, praktik seni itu merupakan rangkaian dari ujian sekolah yang puncaknya akan dilaksanakan pada 13-18 Maret 2023. Darmiyati sendiri mengapresiasi anak asuhnya karena mampu menampilkan kesenian yang berbeda.
\"Ini namanya pembelajaran berdiferensiasi sesuai minat dan bakat anak. Jadi tidak boleh diwajibkan begini atau begitu,\" katanya.
Lebih lanjut, Darmiyati mengatakan bahwa minat dan bakat anak yang dipaksa tidak akan membuahkan hasil maksimal. Misalnya, satu siswa menyanyi dan yang lainnya juga harus melakukan penampilan yang sama. Begitu pula dengan penampilan seni lainnya.
\"Tidak bisa dipaksakan semua harus nyanyi. Kan, anak ada yang bakat seninya bermain musik. Misalnya gitar tunggal, ada juga yang menari,\" katanya.
Penampilan praktik seni di SMAN 1 Kalianda untuk mengeksploitasi keahlian yang dimiliki siswa. Tentu tujuan utamanya untuk mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki masing-masing siswa, supaya ke depannya bisa ahli di bidang seni yang dimiliki. (rnd)

Sumber: