Pedagang Bendera Musiman Mulai Ramai

Pedagang Bendera Musiman Mulai Ramai

Idho Mai Saputra - Pedagang bendera musiman mulai bermunculan jelang peringatan HUT RI.--

KALIANDA, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) semakin dekat. Salah satu tandanya adalah mulai bermunculannya pedangan bendera dan umbul-umbul musiman di sejumlah jalan protokol.

Kondisi ini bisa dipastikan terjadi hampir di setiap daerah di Indonesia. Tak terkecuali di Kota Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan yang beberapa hari terakhir mulai ramai pedangan bendera musiman di pinggir jalan protokol.

Salah satunya kemunculan pedagang bendera musiman di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) KM 55-56, Desa Kedaton Kecamatan Kalianda sejak beberapa hari terakhir.

Seorang pedagang bendera, yang mengaku bernama Ruwan (40), dirinya telah berjualan bendera di Kalianda sejak sepekan terakhir. Pekerjaan itu dijalaninya setiap menjelang HUT Kemerdekaan RI sejak enam tahun terakhir.

BACA JUGA:Lagi, Pemkab Jalin Kerjasama dengan Universitas

"Selain bendera merah putih dan umbul - umbul, saya juga jual bendera ukuran kecil untuk di motor dan mobil sebagai aksesoris," ujar Ruwan saat dikonfirmasi Radar Lamsel, Selasa (25/7/2023).

Menurutnya, dia sengaja memilih lokasi itu untuk berdagang karena posisi nya yang sangat strategis. Karena, lokasi itu selalu ramai lantaran dekat dengan Tugu Air Mancur Bundaran Pancasila.

"Saya lihat disini jadi tempat kumpul masyarakat. Jadi otomatis ramai dan mudah-mudahan dagangan saya bisa laris manis," terangnya seraya berdoa.

Lebih lanjut dia mengatakan, bendera dan umbul-umbul yang dijual dengan harga bervariasi sesuai ukuran. Mulai dari harga Rp10 ribu hingga Rp50 ribu. 

"Kalau di tahun-tahun sebelumnya sehari bisa menghasilkan Rp200 ribu. Kalau ramai bisa Rp700 ribu sampai Rp1 juta. Tapi sekarang ini belum begitu ramai mungkin masih jauh HUT RI nya," pungkasnya. (idh)

Sumber: