Suplai Air di Huntap Capai 3-4 Liter per Detik

Suplai Air di Huntap Capai 3-4 Liter per Detik

Ist - Warga Huntap bergotong royong memasang pipa bantuan dari Perumda Tirta Jasa yang menjadi jalur suplai air.--

RAJABASA, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Masyarakat yang tinggal di hunian tetap (huntap) Desa Rajabasa, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, sudah bisa merasakan nikmatnya memiliki air yang melimpah. 

Sesuai dengan target yang diprediksi Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto. Pemasangan pipa di lokasi huntap selesai pada Kamis, 5 Oktober 2023. 

Prosesnya bisa berjalan cepat setelah Tim Gerot turun ke lokasi pemasangan. Direktur Perumda Tirta Jasa Kabupaten Lampung Selatan, H. Rudi Apriadi KM, S.Sos mengatakan pipa selesai dipasang pada pukul 15.30 WIB. 

"Sesuai instruksi dan target yang diberikan Bapak Bupati," ujarnya saat dihubungi Radar Lamsel. 

BACA JUGA:GSG Bakal Jadi Convention Center

Rudi mengatakan air yang mengalir melalui saluran pipa itu mampu menghasilkan 3 sampai 4 literper detiknya. Secara rasional, lanjut Rudi, rata-rata suplai air tersebut mampu mencukupi kebutuhan 300 orang per hari. Sementara jumlah rumah di huntap hanya 34 unit. 

"Kalau 1 rumah penghuninya kita ambil rata-rata 5 orang, suplai air masih sangat cukuo. Bahkan berlebih," kata Rudi. 

Diberitakan sebelumnya, keluhan air bersih yang dirasakan warga hunian tetap (huntap) di Desa Rajabasa, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, akhirnya teratasi. 

Persoalan menahun itu selesai setelah warga mengadu kepada Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto. Tepat di hari Rabu, 4 Oktober 2023, Nanang Ermanto bersama jajarannya, dan juga Direktur Perumda Tirta Jasa Kabupaten Lampung Selatan, H. Rudi Apriadi KM, S.Sos menyerahkan bantuan pipa yang akan dipasang di lingkungan huntap. 

Nanang juga sekaligus meninjau pemasangan pipanya. Nanang menyebut bahwa perubahan cuaca akibat El Nino memberikan dampak yang luar biasa bagi masyarakat Lampung Selatan. 

Hasilnya, tidak sedikit masyarakat yang mengalami kekurangan air akibat kekeringan. Bantuan pipa dari Perumda Tirta Jasa merupakan bentuk dari upaya pemerintah. 

"Pemerintah daerah berusaha mengatasi masalah yang dialami masyarakatnya," ujar Nanang kepada awak media. 

Nanang juga mengaku kalau dia sudah berjanji untuk membantu menyelesaikan setiap persoalan yang dialami oleh masyarakat. Lebih lanjut, Politikus PDI Perjuangan ini menyatakanp bahwa bantuan itu merupakan tanggungjawabnya sebagai kepala daerah. (rnd)

Sumber: