Inspektorat Bakal Turun ke Desa Pardasuka

Inspektorat Bakal Turun ke Desa Pardasuka

Inspektur Kabupaten Lampung Selatan, Anton Carmana, S.E.--

KALIANDA, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Inspektur Kabupaten Lampung Selatan, Anton Carmana, S.E. memastikan proses pemeriksaan Kepala Desa Pardasuka, yaitu AS, masih berjalan sesuai trek. 

Hanya saja pemeriksaan tersebut tidak bisa dilakukan tergesa-gesa karena Inspektorat membutuhkan waktu. "Kayaknya (Oktober) belum, apalagi mau cek fisik di lapangan," ujarnya saat dihubungi Radar Lamsel, Senin, 23 Oktober 2023. 

Anton mengatakan bahwa cek fisik di lapangan yang dilakukan oleh timnya nanti akan menentukan hasil. Apakah memang ada kerugian negara yang ditemukan atau tidak. Dari cara itu pula, Inspektorat bisa mengetahui apakah ada kejanggalan di dalam pembangunan fisik. 

"Iya, nanti terlihat kerugian negaranya. Karena bisa kekurangan volume, bisa fiktif. Bisa juga keduanya," kata Anton. 

Diberitakan sebelumnya, Inspektorat Kabupaten Lampung Selatan tengah memeriksa Kepala Desa Pardasuka, AS . Pemeriksaan ini terkait penggunaan anggaran dana desa (DD) selama tiga tahun berturut-turut. Yakni dari tahun anggaran 2021, 2022, dan 2023. 

BACA JUGA:Bupati Nanang Bicara Sebagai Mahasiswa

Pihak Inspektorat mengatakan pemeriksaan tersebut mulai berjalan sejak bulan September 2023 lalu. Besar kemungkinan, lanjut Anron, pemeriksaan ini bakal berjalan alot karena menyangkut tahun anggaran selama tiga tahun yang lumayan memakan waktu. 

Mengenai penyebab dan seberapa besar jumlah anggaran yang diperiksa, Anton belum bisa mengungkapkan ke publik. Dia meminta waktu supaya tim diberikan kesempatan untuk bekerja. 

Setelah semuanya selesai, maka Inspektorat akan segera menyampaikan hasilnya. (rnd)

Sumber: