Untuk Program Ketahanan Pangan Desa, 25 Ekor Kambing Dibagikan kepada Kelompok Peternak Desa Rulung Sari

Untuk Program Ketahanan Pangan Desa, 25 Ekor Kambing Dibagikan kepada Kelompok Peternak Desa Rulung Sari

Penyerahan kambing oleh Pemerintah Desa kepada kelompok peternak di desa Rulung Sari untuk ketahan pangan desa. : -- RADAR LAMSEL ----

RADARLAMSEL.COM -- Sebanyak 25 ekor kambing dibagikan kepada kelompok ternak di desa Rulung Sari, kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Sabtu 4 November 2023.

Pemerintah desa menggelontorkan anggaran Rp47 Juta untuk membeli kambing siap produksi yang akan dibagikan kepada kelompok ternak desa setempat.

Dipilihnya kambing untuk ketahan pangan dikarenakan biaya pakan dan perawatan tidak begitu mahal dan budidaya ternak itu diakui masyarakat cukup mudah berhasil.

Kepala Desa Rulung Sari Nur Muhamad mengatakan, pemerintah desa memiliki beberapa pertimbangan sebelum dipilihnya ternak kambing. 

Pertimbangan pertama jika kelompok diberikan bibit ikan tentu akan mempersiapkan pakan sementara pakan ikan saat ini cukup mahal dipasaran.

Kedua jika dibelikan bibit pertanian, masyarakat saat ini masih kesulitan air karena masih musim kemarau.

 " Bersama kepala dusun, kami sepakat dana ketahanan pangan di tahun ini dibelikan kambing siap produksi. Kambing ini mudah pemeliharaannya ditambah untuk pakan tidak harus beli," ungkapnya.

Kepala Desa Rulung Sari meyakini dengan berternak kambing pendapatan asali desa nantinya akan berjalan dengan baik, karena kedepan pengadaan ternak akan kembali ditambah. 

" setelah kambing yang kita bagikan ini berkembang, nanti hasilnya dikasih ke kelompok lainya supaya terus berkelanjutan. nanti ditahap berikutnya kami tambah lagi seperi itu terus, harapnya desa ini bisa menjadi sentra ternak kambing di Natar Lampung Selatan," ujar Nur Muhamad.

Selain ternak kambing, pemerintah desa Rulung Sari juga membangun jalan usaha tani berupa rabat beton sepanjang 150 meter dan pengerasan jalan sepanjang 370 meter.

" Di bidang pertanian kami membangun jalan usaha tani di dua tempat untuk program ketahan pangan desa," katanya.

Tenaga Pendamping Profesional Kementerian Desa Wilayah Natar, Hari Seblijad mengatakan kementerian desa memprogramkan ketahan pangan desa harus bagus, dengan begitu desa diharuskan menjalankan program tersebut dan hari ini desa Rulung Sari membagikan ternak kambing.

" di setiap desa memang sudah menganggarkan dana ketahanan pangan dana itu diambil dari dana desa, harapannya dana tersebut digunakan sebaik mungkin untuk ketahan pangan desa semakin baik lagi kedepannya." Kata Hari.

"Semoga di bidang pertanian dengan jalannya bagus hasilnya pun ikut bagus, di bidang peternakan desa Rulung Sari menjadi sentra ternakk ambing," pungkasnya.(*)

Sumber: