Ikan Hias Natar Diminati Pasar Luar Negeri, UPTD Perikan Aktif Lakukan Penyuluhan

Ikan Hias Natar Diminati Pasar Luar Negeri, UPTD Perikan Aktif Lakukan Penyuluhan

UPTD Perikanan kecamatan Natar tengah melakukan Pembinaan terhadap kelompok usaha ikan hias : - Febi Herumanika/ Radarlamsel.Diaway.id ---

NATAR, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perikanan Kecamatan Natar aktif melakukan pembinaan serta penyuluhan terhadap kelompok usaha ikan hias di kecamatan setempat.

Ketua tim Penyuluh UPT perikanan Natar Oktarina mengatakan, di kecamatan Natar setidaknya ada 4 kelompok ikan hias yang aktif dan dilakukan pembinaan. 

 Kelompok ikan hias di Natar untuk saat ini merambah penjualan ke pasar luar negeri melalui media sosial dan peminatnya cukup banyak, karena pencinta ikan berdasarkan hobi.

" di kecamatan Natar ada 4 kelompok ikan hias yang terletak di desa Natar ada 2 kelompok ( Pokdakan Perintis dan Pokdakan Payung Printis Akuatik) dan di desa Merakbatin (Pokdakan Bina Mulya dan Pokdakan Mitra Sejati)," ujar Okta sapaan akrabnya, Rabu (8/11/2023).

Okta menjelaskan di kecamatan Natar ada beberapa komoditas ikan hias, seperti cupang, Koki, Guppy, platis, manvis dan Blac molly. 

Pembinaan yang dilakukan oleh penyuluh perikanan adalah penilaian kelompok Pokdakan Payung Perintis Akuatik dilakukan penilaian ini di bidang Perencanaan, Kemampuan berorganisasi, akses kelembagaan, kemampuan kewirausahaan dan kemandirian dalam berusaha.

" Tujuannya melakukan penilaian kelas kelompok, untuk bisa naik kelas kelompok dari pemula ke status madiya. Artinya mereka semakin baik dari beberapa kriteria tadi dan mereka sudah terperifikasi oleh pemerintah, dan tertib administrasi kelompok," ujar dia.

 Okta menyebutkan, Untuk perkembangan ikan hias di Natar sangat menjanjikan untuk perekonomian pelaku usahanya. 

Bahkan kata dia, ada beberapa anggota yang secara ekonomi sangat maju dari usaha ikan hias yang dijalankan mereka selama ini. " Ada beberapa anggota mereka yang bisa membangun rumah, bahkan beli mobil," kata Okta.

Untuk pasar ikan hias selain dijual partai, eceran ke sekolah-sekolah kata Okta, mereka juga sudah menjual ke luar Negeri seperti Singapura, Filipina, Malaysia, AS dan negara lainnya. 

" Untuk harga ikan hias partaian kisaran Rp1500 - 2500 per ekornya. Sedangkan untuk yang dijual ke luar Negeri harganya tidak ternilai karena berkaitan dengan hobi dengan ikan hias," pungkas Okta.(*)

Sumber: