Pemerintah Kecamatan Bersama TPP Kemendesa Tinjau Hasil Kinerja Desa Tahun 2023

Pemerintah Kecamatan Bersama TPP Kemendesa Tinjau Hasil Kinerja Desa Tahun 2023

Hasil pekerjaan dari dana desa di kecamatan Natar dicek ulang oleh Pemerintah. -- Radarlamsel.disway.id ----

NATAR,RADARLAMSEL.DISWAY.ID -- Selain melakukan musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrembangdes), Pemerintah kecamatan Natar melakukan pengecekan ulang terhadap hasil kinerja selama tahun 2023 seluruh desa di kecamatan itu.

Dipimpin langsung cama Natar, Supi'ah, S.Ag, M.Si, setiap usai kegiatan Musrembangdes, camat beserta timnya dan Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kementrian Desa (Kemendesa) melakukan peninjauan terhadap hasil pekerjaan yang dilaksanakan sepanjang tahun 2023.

Tidak jarang camat memberi arahan kepada pemerintah desa mengenai pembangunan infrastruktur, karena sebagian desa masih ada yang belum melaksanakan pembangunan infrastruktur padahal dana desa sudah di rekening masing-masing desa.

" Desa yang belum merealisasikan pekerjaan sesuai dengan rencana awal dan sudah masuk didalam kegiatan tahun ini di segerakan," ungkap Cama Natar.

Pengecek yang dilakukan oleh pemerintah kecamatan bertujuan untuk melihat secara langsung, apakah betul pekerjaan terealisasi sesuai dengan laporan yang dibuat oleh setiap desa.

" kalau infrastruktur jalan yang kita cek, kita lihat langsung, kita ukur ulang, panjang, lebar dan tinggi hasil Pembangunannya. Kalau ditemukan ada yang kurang saya minta dibangun sesuai dengan kekurangannya berapa dan saya akan monitor terus setiap kegiatan di desa," katanya.

Sebagian desa, lanjut Camat, ada yang membangun infrastruktur jalan lebih panjang dari laporan, kelebihan itu harus dijelaskan apakah dari hasil swadaya masyarakat, atau hasil sumbangan pemerintah desa.

" buatkan Berta acara yang jelas cantumkan didalam laporan, jadi tidak ada lagi desa-desa yang tidak melaksanakan pekerjaan. Kami betul-betul turun melihat, melakukan pengukur ulang," kata Camat Natar.

Dilakukannya monitoring seperti ini, supaya desa tidak tersandung masalah, tidak ada anggaran yang piktif semua pekerjaan berjalan sesuai apa yang dimusyawarahkan diawal bersama-sama.

Kordinator Tenga Pendamping Profesional Kementerian Desa Wilayah Natar Nurmala Sari mengatakan, Musyawarah Rencana Pembangunan Desa di Natar sudah rampung dilakukan.

Selain Musrembangdes, beberapa kegiatan desa pun dilakukan monitoring guna memastikan anggaran dari pemerintah pusat melalui dana desa terserap dengan baik.

" kami pun sama dengan bu camat, meminta semua desa dengan segera merealisasikan apa yang sudah menjadi tanggungjawab desa melalui anggaran tersebut. saya rasa tidak ada lagi desa yang belum cair dana desanya di tahap tiga ini. Jadi semua kegiatan dilaksanakan, sesuai aturan dan ketentuan yang ditetapkan," katanya.(*)

 

Sumber: