Ketua KPU Sebut Pemilu di Indonesia Paling Rumit di Dunia

Ketua KPU Sebut Pemilu di Indonesia Paling Rumit di Dunia

Disway.id /Anisa Aprilia ---

JAKARTA, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Pimpinan KPU Hasyim Asy'ari memberikan laporan pada Presiden Jokowi dalam Rakornas persiapan Pemilu 2024 yang diselenggarakan di Istora Senayan, Sabtu, 30 Desember 2023. 

Dalam laporan tersebut, Hasyim menyebut Pemilu di Indonesia sering dinilai sangat rumit sejagat  

"Walaupun terdapat India dengan jumlah pemilih yang lebih besar serta terdapat Amerika Serikat yang memiliki pemilu yang lebih besar, tetapi proses pemilu di Indonesia kerap dinilai selaku the most complicated election in the world," kata Hasyim di kegiatan Rapat Konsolidasi Nasional KPU di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu, 30 Desember 2023. 

Bukan cuma itu, Pemilu di Indonesia pula dinilai jadi sangat pendek di dunia. 

"Dalam waktu yang sangat pendek di dunia. Dalam makna durasi pemungutan suara dicoba cuma dalam 6 jam. Jam 07.00-13.00 waktu setempat," ucapnya.

Pada Pemilu 2024 nanti, Hasyim merinci, terdapat 204,8 juta orang yang sudah masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sebanyak 1,7 juta di antara lain terletak di luar negara 

Hasyim menerangkan pada pencoblosan nanti, pihaknya telah memerintahkan Panitia Pemilihan Luar Negara (PPLN) sekalian kantor perwakilan KPU setempat hendak mengundang perwakilan dari negara-negara teman dalam program kunjungan pemilu (election visit) untuk melihat secara langsung proses pemungutan suara di tempat pemungutan suara (TPS). 

"Ini berarti buat kami jalani dalam rangka menampilkan kalau Indonesia ini merupakan salah satu negeri demokrasi terbanyak di dunia," tambahnya.(Disway.id)

Sumber: