Tingkatkan literasi Digital Desa, Tiga Kecamatan di Lampung Selatan Gelar Bimtek Implementasi Smart Village

Tingkatkan literasi Digital Desa, Tiga Kecamatan di Lampung Selatan Gelar Bimtek Implementasi Smart Village

Tingkatkan literasi Digital Masyarakat Desa, Tiga Kecamatan di Lampung Selatan Gelar Bimtek Implementasi Smart Village.---

RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Seiring berkembangnya kemajuan teknologi informasi dan digitalisasi menuntut sumber daya aparatur desa juga harus terampil dan kompeten dalam menggunakan digital, untuk memenuhi hal tersebut beberapa kecamatan dan desa di Lampung Selatan melaksanakan bimbingan teknis peningkatan kapasitas aparatur dalam implementasi smart village Provinsi Lampung, Senin 6 Mei 2024.

Ketua Badan Kordinasi Antar Desa kecamatan Natar Supriono dalam sambutannya mengatakan, tujuan dari kegiatan untuk meningkatkan literasi digital masyarakat desa.

Kemudian, mengembangkan keterampilan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

Selanjutnya mendorong inovasi dan pemanfaatan teknologi untuk pembangunan desa.

Untuk dasar pelaksanaan kegiatan, kata Supriono, surat keputusan gubernur Lampung Nomor G/786/V.12/HK/2023 tentang penetapan bantuan keuangan khusu dan pedoman pelaksanaan peningkatan kapasitas aparatur dalam implementasinya program smart Village pada desa, pekon, kampung, tiuh dan kelurahan se Provinsi Lampung tahun 2023.

Selain itu dasar pelaksanaan kegiatan, berdasarkan surat keputusan camat Natar Nomor 140/170/VII.01/2024 tanggal 30 April 2024 tentang pembentukan tim penyelenggaraan bimbingan teknis program smart Village kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan 2024.

Selain itu dasar pelaksanaan kegiatan, berdasarkan surat keputusan camat Palas Nomor 140/170/VII.01/2024 tanggal 30 April 2024 tentang pembentukan tim penyelenggaraan bimbingan teknis program smart Village kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan 2024.

berdasarkan surat keputusan camat Wai Panji Nomor 140/170/VII.01/2024 tanggal 30 April 2024 tentang pembentukan tim penyelenggaraan bimbingan teknis program smart Village kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan 2024.

" Kegiatan dilaksanakan di Balai Pemerintahan Desa Kemendagri Wilayah Sumatera, kegiatan ini diikuti sebanyak 102 peserta, yaitu seluruh kades dan operator pemerintahan desa dari tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Natar, Palas dan Way Panji." Kata Ketua BKAD kecamatan Natar.

Sumber dana dalam kegiatan berasal dari APBDes tahun anggaran 2024 yang berasal dari bantuan keuangan khusu pemerintah Provinsi Lampung.

Camat Natar, Supi'ah, S.Ag, M.Si, yang hadir dalam kegiatan mengatakan, dengan adanya Bimtek hari ini diharapkan seluruh desa lebih maksimal menjalankan digitalisasi, informasi aplikasi smart Village yang ada di desa masing-masing.

" Manfaat kegiatan sebaik mungkin, karena kegiatan ini sangat bermanfaat terlebih lagi sekarang era digitalisasi, semua menggunakan teknologi informasi," ujar camat Natar.

Dengan adanya kegiatan ini harapan besar pemerintah, aparatur dapat lebih mengembangkan keterampilan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang ada di setiap desa masing-masing.

Sementara Kepala balai PMD wilayah Sumatera, Irsan SH, MH, Ph.D menyambut baik kegiatan pemerintah desa yang diselenggarakan di Balai Pemerintahan Desa Kemendagri wilayah Sumatra.

Sumber: