Gunakan Anggaran DD Rp195 Juta, Desa Pemanggilan Bangun Jalan Beton 210 Meter Ditahap Pertama 2024

Gunakan Anggaran DD Rp195 Juta, Desa Pemanggilan Bangun Jalan Beton 210 Meter Ditahap Pertama 2024

Gunakan Anggaran DD Rp195 Juta, Desa Pemanggilan Bangun Jalan Beton 210 Meter Ditahap Pertama 2024.---

NATAR, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Pemerintah Desa Pemanggilan, Kecamatan NATAR, Kabupaten Lampung Selatan, menganggarkan Dana Desa (DD) tahap pertama tahun 2024 sebesar Rp 195, 000, 000, untuk membangun jalan rabat beton sepanjang 210 meter.

 Pembangunan infrastruktur jalan tersebut di dusun Serbajadi II Rt 007 dan 008, Rw 003. peletakan batu pertama dilakukan oleh Kasi Ekonomi Pembangunan mewakili Camat Natar, Kepala Desa Pemanggilan, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Tenaga Pendamping Profesional Kementrian Desa Wilayah Natar dan masyarakat sekitar.

Kepala Desa Pemanggilan, Hasbi mengatakan bahwa pihaknya di tahap pertama tahun 2024 melaksanakan pembangunan jalan rabat beton sepanjang 210 meter dengan anggaran dana desa sebesar Rp195 juta.

Kata Hasbi, ada beberapa titik pembangunan jalan beton yang akan bangun di desanya, namun untuk pembangunan selanjutnya kemungkinan akan dilaksanakan ditahap dua mendatang.

" Ini titik yang pertama di dua Rt desa Pemanggilan, kecamatan Natar. Anggaran ditahap pertama ini sebesar Rp195 juta," ungkap Kepala Pemanggilan.

Ditahap dua nantinya, lanjut Kades, pembangunan kemungkinan lebih panjang. " Nanti di tahap dua lebih panjang insyaallah, di dusun yang berbeda pembangunannya," kata Hasbi.

Kades Berharap, hasil pembangunan yang dikerjakan pemerintah dijaga secara bersama-sama, jangan diperbolehkan kendaraan tonase lebih melintas, karena kalu ada pembiaran pembangunan akan cepat rusak.

" Mari kita rawat secara bersama-sama, jangan diperbolehkan mobil muatan berat melintas kalau dibiarkan cepat rusak dia," ucap Kades Pemanggilan.

Desa Pemanggilan akan berkomitmen untuk terus melakukan pembangunan setiap tahunnya, " harapan besar kami tiap tahun harus membangun infrastruktur dengan menggunakan anggaran yang ada dan sesuai kemampuan PADes," jelasnya.

Mewakili Camat Natar Supi'ah, S.Ag, M.Si, Kasi Ekonomi Pembangunan Edo Hansen yang hadir dalam peletakan batu pertama mengatakan, komitmen desa-desa di kecamatan Natar untuk terus membangun infrastruktur patut diapresiasi, dengan komitmen yang telah dijalankan selama ini mudah-mudahan seluruh jalan desa akan diperbaiki kedepannya.

" Berlahan seluruh jalan desa akan mulus dengan menggunakan anggaran pendapatan desa dari dana desa, komitmen pemerintah desa terus membangun harus kita support supaya terealisasikan," kata Camat Natar.

Tenaga Pendamping Profesional Kementrian Desa Wilayah Natar, Nurmala Sari mengatakan, Desa - desa kecamatan Natar setiap tahun melaksanakan pembangunan infrastruktur dan hari ini pihaknya meninjau pelaksanaan pembangunan rabat beton di desa Wai Sari.

" Harapan besar kami pembangunan yang dilaksanakan sesuai harapan masyarakat, kapasitas jalan hasil pembangunan bertahan untuk jangka panjang, " ucap Mala.(*)

 

Sumber: