Desa Mulai Lakukan Monitoring, Kata Kadis PMD Lamsel : Dana Desa Tahap Dua Cair Bulan Juni dan Juli

Desa Mulai Lakukan Monitoring, Kata Kadis PMD Lamsel : Dana Desa Tahap Dua Cair Bulan Juni dan Juli

Desa-desa di kecamatan Natar Lampung Selatan melaksanakan monitoring dan evaluasi penggunaan anggaran dana desa tahap pertama tahun 2024. Febi Herumanika/ Radarlamsel---

KALIANDA, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Beberapa Kecamatan di Lampung Selatan telah menyelesaikan kegiatan yang bersumber dari dana desa tahap pertama tahun ini, dengan diselesaikannya beberapa pekerjaan tersebut artinya desa-desa sudah dapat melakukan pengajuan untuk pencairan tahap kedua.

Sebelum dilakukannya pengajuan pencarian dana desa tahap dua, seluruh desa harus melakukan beberapa syarat salah satunya monitor dan evaluasi hasil pelaksanaan dana desa tahap sebelumnya.

Mengenai kapan dana desa tahap dua pencairan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Lampung Selatan Erdiyansyah mengatakan, bahwa untuk saat ini desa-desa di kabupaten setempat tengah melakukan pengajuan pencairan.

Menurut Kadis PMD, kemungkinan dana desa tahap dua dapat ditarik bulan Juni dan Juli, untuk sekrang sudah tahap pengajuan.

" Ya lagi mau proses pengajuan. Untuk sekarang belum ada yang cair, tapi di bulan ini lah (Juni) dan Juli cairnya kemungkinan," ujar Kadis PMD Lamsel, saat di konfirmasi, Senin 3 Juni 2024.

Terpantau beberapa desa di kecamatan Natar sejak pagi hingga siang melakukan monitoring hasil kegiatan dana desa tahap pertama ditahun ini.

Menurut Tenaga Pendamping Profesional Kementrian Desa Wilayah Natar Nurmala Sari mengatakan, monitoring dilakukan agar pemerintah desa tertib dalam bidang administrasi program pembangunan yang menggunakan dana desa. 

Kegiatan monitoring dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan kinerja penyelenggaraan pemerintahan desa pada aspek perencanaan dan pelaksanaan kegiatan desa, evaluasi serta pelaporan.

" Jadi monitoring merupakan proses analisis dan pengawasannya, sementara evaluasi merupakan penilaian berdasarkan analisis atau monitoring yang telah dilakukan," kata Mala sapaan akrabnya.(*)

Sumber: