Selain Bedah Rumah Tidak Layak Huni, Pemdes Kali Sari Bangun Jalan Beton 300 Meter di Tahap Pertama 2024

Selain Bedah Rumah Tidak Layak Huni, Pemdes Kali Sari Bangun Jalan Beton 300 Meter di Tahap Pertama 2024

Camat Natar, Supi'ah, S.Ag, M.Si, bersama Pemerintah Desa Kalisari Mengecek Pembangunan infrastruktur jalan menggunakan dana desa tahap pertama tahun 2024. Febi Herumanika / Radarlamsel---

NATAR, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Pemerintah Desa Kalisari, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung menggelontorkan anggaran dana desa sebesar Rp 158, 460, 000 Untuk membangun jalan sepanjang 300 Meter dengan lebar 2,5 Meter, ketinggian 15 Cm di dusun Banjarsari - Banjarsari II.

Selain membangun infrastruktur jalan cor beton, pemerintah juga membantu warga desa setempat membangun rumah (bedah rumah) tidak layak huni.

Tidak hanya itu, desa Kalisari juga membagikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa untuk 10 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), menyalurkan hewan ternak berupa ayam Kampung Unggul Petelur untuk pondok pesantren.

"Alhamdulillah untuk pelaksanaan dan desa tahap pertama tahun 2024 sudan rampung kami selesaikan semua," ujar Kepala Desa Kali Sari Sutikno.

Prioritas pertama pemerintah desa Kalisari, kata Sutikno, adalah membangun infrastruktur, karena infrastruktur merupakan penggerak roda perekonomian masyarakat.

" saya berpikirnya begini, kalo jalan desa ini semuanya bagus akses keluar masuknya masyarakat untuk jual beli hasil bumi cepat dengan begitu roda ekonomi desa terus membaik setiap tahunnya," jelas Sutikno.

Setiap pembangunan di desa ini terbuka tidak ada yang ditutup-tutupi, pemerintah kecamatan pun selalu hadir mengecek langsung apa yang dikerjakan desa, berapa anggaran semua dicek oleh pemerintah.

" hari ini kami bersama ibu Camat langsung kelokasi pembangunan, melihat pekerjaan, berapa panjang jalan yang dibangun, berapa anggarannya semua dijelaskan di lapangan, dan Alhamdulillah pemerintah kecamatan mendukung penuh apa yang kami kerjakan," Kata Sutikno.

Usai melihat pembangunan infrastruktur jalan cor beton, pihaknya mengecek pelaksanaan bedah rumah tidak layak huni.

" kami dari pemerintah desa melalui dana desa membantu masyarakat membeli material bahan bangunan untuk bedah rumah nilai bantuan sebesar Rp10 juta. Pembagian BLT DD juga sudah kami salurkan selama 6 bulan, ketahanan pangan selesai juga," kata kades Kalisari

Camat Natar, Supi'ah, S.Ag, M.Si, mengatakan, desa yang terus melakukan pembangunan patut diapresiasi, karena dengan infrastruktur jalan desa bagus akses masyarakat menuju pasar, sekolahan akan nyaman.

" Ekonomi desa terus membaik dengan infrastruktur yang bagus, desa Kalisari hampir setiap tahun membangun jalan dengan panjang Ribuan meter, lanjutkan pembangunannya pak Kades, karena desa ini desa kita wajib bagi kita untuk secara bersama-sama membangunnya," kata Camat Natar.

Camat menghimbau kepada masyarakat, terutama Kepala Dusun untuk menjaga hasil pembangunan yang telah dikerjakan, karena jalan akan rusak apabila ada pembiaran mobil dengan tonase lebih melintas di jalan yang dibangun.

" Buatkan Siring, jangan diperbolehkan kalau mobil muatan berat melebihi kapasitas melintas karena jalan ini akan cepat hancur kalau terus-terusan dilintasi mobilmuatan lebih," katanya.(*)

Sumber: