Butuh Informasi atau Diskusi Soal Kepegawaian, Kunjungi Aplikasi BKD Menyapa dan Tanya BKD Lamsel

Butuh Informasi atau Diskusi Soal Kepegawaian, Kunjungi Aplikasi BKD Menyapa dan Tanya BKD Lamsel

program BKD Menyapa dan Tanya BKD yang disajikan melalui Platform media sosial yang dijalankan secara daring atau zoom.--Foto Iwan J Sastra

KALIANDA,RADARLAMSEL - Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Lampung Selatan secara perlahan mulai mengubah sistem pelayanan kepada masyarakat khususnya para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Lampung Selatan melalui sebuah inovasi yang mengandalkan jaringan internet.

Jika sebelumnya pihak BKD melayani masyarakat atau ASN yang membutuhkan informasi soal kepegawaian atau lain sebagainya melalui tatap muka secara langsung, kini masyarakat atau ASN tidak perlu lagi repot-repot mendatangi kantor BKD Lamsel, cukup mengklik aplikasi yang telah dibangun pihak BKD melalui Platform yang tersedia, maka segala informasi yang dibutuhkan sudah bisa didapat secara cepat dan tepat.

Aplikasi yang saat ini sudah mulai dijalankan adalah program BKD Menyapa dan Tanya BKD yang disajikan melalui Platform media sosial yang dijalankan secara daring atau zoom.

Kepala BKD Lamsel Tirta Saputra mengatakan, aplikasi BKD Menyapa dan Tanya BKD itu sudah dijalankan sejak tahun 2024 lalu, namun hingga kini pihaknya masih terus melakukan update agar program tersebut dapat berjalan secara maksimal.

"Dengan adanya aplikasi tersebut, para ASN yang berada jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten Lampung Selatan tidak perlu repot-repot datang ke sini (BKD Lamsel, red) hanya untuk mencari informasi terkait kenaikan pangkat, atau bertanya seputar informasi kepegawaian," ujar Tirta Saputra didampingi Sekretaris BKD Lamsel MHD. Dharma Kurniawan dan Kabid Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai, Eko Junaedi, saat berbincang dengan Radar Lamsel, di ruang zoom BKD Lamsel, Selasa, 29 Juli 2025.

Menurut Tirta, jika ASN yang datang dari jauh hanya untuk mendapatkan informasi seputar kenaikan pangkat atau lain sebagainya, selain waktu terbuang banyak, biaya transport yang dikeluarkan juga pasti tidak sedikit.

"Berapa jam waktu terbuang, berapa duit untuk ongkos yang keluar jika wilayahnya jauh, kan kasian. Oleh karena itu, melalui aplikasi yang kami sediakan saat ini, maka informasi yang diperlukan akan mudah didapat secara cepat. Sebelum adanya aplikasi ini hampir setiap hari ada puluhan ASN yang datang untuk mencari informasi atau sekedar berdiskusi soal kepegawaian," ungkapnya.

BACA JUGA:Pembangunan Jalan Ruas Sukamarga-Bulok Dikebut, Progresnya Hampir 90 persen

Sementara itu, Kabid Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai BKD Lamsel, Eko Junaedi menjelaskan, program BKD Menyapa dihadirkan lewat Platform media sosialisasi secara daring atau zoom yang bersifat publish atau umum.

"Kami membuka ruang secara live streaming melalui media sosial BKD Channel Youtube dan Tik Tok dengan menghadirkan berbagai narasumber baik internal maupun eksternal yang terkoneksi secara daring, ini kami laksanakan secara rutin dan terjadwal," terangnya.

Lebih jauh Eko menjelaskan, untuk program Tanya BKD, itupun dilakukan Melalui Platform media konsultasi teknis kepegawaian  secara daring atau zoom. Namun, untuk program Tanya BKD ini sifatnya privat atau terbatas, dan tidak live streaming. 

"Konsultasi ini juga dilakuan secara zoom, namun melalui ruang atau room terpisah. Karena tidak semua permasalahan yang ditanya harus diketahui oleh publik," pungkasnya.

Untuk diketahui, tujuan dibangunnya inovasi pelayanan kepegawaian oleh pihak BKD Lamsel melalui sistem digitalisasi ini, selain untuk meningkatkan sistem pelayanan kepada para ASN secara cepat, juga untuk menghindari terjadinya tatap muka langsung yang bisa menimbulkan berbagai isu-isu miring seperti halnya menerima Amplop atas jasa pelayanan.

Sedangkan, tujuan eksternalnya, untuk memudahakn ASN dan THLS Kabupaten Lampung Selatan mendapatkan akses media resmi sosialisasi informasi update perubahan , peraturan kepegawaian yang cepat dan dinamis serta update informasi kepegawaian lainnya.

Sumber: