Secara Mobile, Aparatur Pemerintah Kecamatan Way Lima Monitoring Pilkades

Secara Mobile, Aparatur Pemerintah Kecamatan Way Lima Monitoring Pilkades

WAYLIMA - Pemerintah Kecamatan Way Lima, Kabupaten Pesawaran melakukan monitoring secara mobile ke empat desa dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 di Kabupaten Pesawaran.
\"Kami sudah menjalin komunikasi dan koordinasi, baik itu dengan panitia pilkades, penjabat kepala desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas maupun calon-calon kepala desa untuk menjaga kondusifitas dalam gelaran Pilkades serentak tahun 2021 di Kabupaten Pesawaran khususnya di Kecamatan Way Lima,\" ujar Camat Way Lima, Syukur Saliyak saat melakukan monitoring di Desa Gunungrejo, Rabu (17/11).
Syukur mengatakan, untuk jumlah calon kepala desa yakni sebanyak 16 calon dan jumlah Tempat Pemilihan Suara (TPS) yang tersedia sebanyak 14 TPS dari empat desa di Kecamatan Way Lima yang menyelenggarakan Pilkades tahun 2021.
\"Sesudah kami cek ke lokasi, karena pelaksanaannya ditengah pandemi Covid-19, maka tim satgas Covid-19 dan panitia Pilkades melaksanakan Pilkades ini sudah menerapkan protokol kesehatan. Dan dari masing-masing TPS dibagi untuk jumlah maksimal DPT yakni sebanyak 500 orang untuk menghindari kerumunan,\" ucapnya.
Dikatakannya, untuk batas waktu pemilihan dilakukan hingga pukul 12.00 WIB dan pada pukul 13.00 WIB dilanjutkan dengan perhitungan suara di masing-masing TPS, yang selanjutnya panitia Pilkades melakukan pelaporan rekapitulasi perhitungan sementara.
\"Setelah rekapitulasi panitia akan menyampaikan kepada BPD dan diperoleh perhitungan sementara yang akan dilaporkan kepada Bupati Pesawaran melalui Camat. Untuk saat ini, partisipan masyarakat di Kecamatan Way Lima dalam perhitungan sementara saat yang sudah menggunakan hak pilihnya mencapai kurang lebih 86 persen,\" kata Syukur.
Selain itu, Syukur mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga stabilitas keamanan supaya di masyarakat tidak terjadi gesekan-gesekan dan propaganda.
\"Dinamika itu pasti ada, namun dari hasil pemantauan kami di lapangan situasi ketertiban dan keamanan di Kecamatan Way Lima masih dapat terkendali. Untuk itu, dihimbau kepada calon kepala desa yang nantinya terpilih jangan terlalu melakukan euforia berlebih yang menimbulkan gesekan ataupun gejolak dimasyarakat kedepannya dan fokus untuk bersama-sama membangun desa,\" tandasnya.
Dilain pihak, Penjabat Kepala Desa Gunungrejo Mulyadi Idrus mengimbau, agar masyarakat desa bisa saling memahami agar tidak mudah terprovokasi dan bisa menerima siapa saja yang terpilih pada Pilkades tahun 2021 di Desa Gunungrejo.
\"Saya himbau setelah pelaksanaan Pilkades nanti siapapun yang terpilih maka itulah yang terbaik untuk desa Gunungrejo, jangan sampai ada masyarakat yang terprovokasi dengan isu-isu yang menimbulkan perpecahan di masyarakat,\" pungkasnya. (egy/esn)

Sumber: