Ratusan Siswa SMA Diseleksi PPI, Pembentukan Latihan Paskibra di Tingkat Awal

Ratusan Siswa SMA Diseleksi PPI, Pembentukan Latihan Paskibra di Tingkat Awal

KALIANDA, RADARLAMSEL.COM - Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Lampung Selatan memulai tahapan seleksi. Di tahap awal, PPI telah melakukan seleksi dua sekolah favorit di Kecamatan Kalianda. Yakni di SMAN 1 Kalianda, dan SMAN 2 Kalianda. Dari ratusan siswa di dua sekolah itu, hanya ada 55 yang terpilih dalam seleksi. SMAN 1 Kalianda diwakili 15 siswa yang lolos seleksi. Berbeda dengan SMAN 2. Ada 40 siswa dari sekolah yang terletak di Jalinsum ini yang lolos seleksi.

\"Ya, itu tingkatan seleksi paling rendah mulai dari sekolah,\" Ketua PPI Kabupaten Lampung Selatan, Abdul Rohim, S.H.,M.H. kepada Radar Lamsel, Minggu (27/3/2022)
Setelah menghadapi seleksi di sekolah, para calon pengibar bendera (paskibra) akan menghadapi tingkatan selanjutnya. Yaitu menjalani seleksi di tingkat kecamatan. Kalau lolos lagi, lanjut Rohim, para paskibra terpilih akan menghadapi seleksi yang ketat di tingkat kabupaten.
\"Kemudian menghadapi seleksi di tingkat provinsi. Lolos dari sini akan membawa paskibra ke nasional,\" katanya.
Seleksi paskibra memang menjadi agenda rutin tahun bagi PPI. Tahun 2022 lalu, tepatnya di bulan Maret, PPI memilih 28 putra-putri untuk menjadi pengibar bendera pusaka. PPI juga menunjuk 7 orang sebagai perwakilan Lampung Selatan untuk mengikuti seleksi paskibraka di Provinsi Lampung pada Mei 2022 nanti. Dipilihnya 28 orang untuk pengibar bendera di Kabupaten Lampung Selatan pada upacara kemerdekaan 17 Agustus nanti, dan juga 7 orang yang ikut seleksi di provinsi tidak serta merta asal jadi. Sebelumnya mereka semua harus bertarung satu sama lain untuk menjadi yang terbaik. PPI mencatat setidaknya ada 120 peserta dari 17 kecamatan yang ikut seleksi paskibra tahun 2022 ini. Peserta yang lulus sebagai pengibar bendera pada upacara 17 Agustus nanti tentu menjadi kebanggaan bagi diri sendiri, orang tua, dewan guru, sekolah, dan juga wilayahnya. (rnd)

Sumber: