Tanjung Bintang Fair Jadi Ajang Unjuk Gigi Para Siswa yang Akam Menari

Tanjung Bintang Fair Jadi Ajang Unjuk Gigi Para Siswa yang Akam Menari

Para siswa dari berbagai sekolah di Tanjungbintang berkumpul guna melaksanakan latihan tari bersama dalam rangka menyambut Tanjungbintang Fair, Kamis (11/5).--

RADARLAMSEL.COM - Para pelajar di Tanjungbintang, mulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) mulai mempersiapkan tari tradisional sambut Tanjungbintang fair 2023.

Beberapa hari ini terlihat, para pelajar di Tanjungbintang tengah latihan tari tradisional bersama di Aula Balai Desa Jatibaru, Kecamatan setempat, tak lain agar acara tersebut bisa berlangsung meriah dan sukses.

Dalam latihan tarinya, para siswa itu dibimbing langsung oleh Nurul Utamaning BH, S.Pd asal Tanjungbintang yang memiliki keahlian di bidang itu, seperti tari tradisional dan alat musik tradisional.

"Ceremony yang jelas nya ada tari Sigegh yang dibawakan anak SD dan tari Lampung Selatan yang dibawakan oleh 2000 peserta atau paling sedikitnya 1000 peserta. Ada sekitar tujuh tarian yang dibawakan oleh putra puteri asli Tanjungbintang," Ucap Nurul kepada Radar Lamsel via WhatsApp, Kamis (11/5).

Nurul juga mengungkapkan, dirinya tulus mengajari anak-anak itu hanya karena semata ingin kesenian dan kebudayaan bisa terus dilestarikan. Bahkan ia rela tak menerima honor sedikitpun dari pihak manapun.

"Saya prihatin melihat kondisi kebudayaan dan kesenian ini semakin berkurang peminatnya, untuk itu saya ikhlas mengajari mereka tanpa ada bayaran. Bagi siapapun yang betul-betul pengen latihan siap," tuturnya.

Dia berharap, ilmu kesenian yang diturunkan kepada para siswa tersebut bisa bermanfaat bagi anak-anak dan bisa terus dilestarikan.

"Mudah-mudahan ilmu yang saya ajarkan ini bisa terus dilestarikan dan terus dikembangkan. Rencananya setelah latihan dua pekan latihan ini kita akan melakukan latihan bersama di Lapangan," imbuhnya.

Diketahui, Tanjungbintang fair rencananya akan diselenggarakan pada bulan Juni mendatang di Lapangan Sritanjung, Desa Jatibaru, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Tanjung Bintang yang ke-41. (rfk) 

 

Sumber: