Layani Bikin Pasport dengan Mobile Unit

Layani Bikin Pasport dengan Mobile Unit

KALIANDA – Kantor Imigrasi Kelas III Kalianda terus berbenah dalam melakukan pelayanan, khususnya dalam pembuatan pasport. Ini dilakukan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada masyarakat. Terobosan terbaru yang diterapkan di Kantor Imigrasi Kelas III Kalianda pelayanan mobileunit bagi manula dan pemohon sakit. Serta, kemudahan persyaratan bagi masyarakat yang akan melakukan perpanjangan pasport. Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Kalianda Edy Firyan, SH, MH diwakili diwakili Kasubsi LalintuskimM. Rija Yulham, Amd, Im, SH menyampaikan, beberapa terobosan itu diberlakukan berdasarkan arahan Menteri Kemenkum dan HAM periode Agustus 2016. Bahkan, Kemenkum dan HAM, mengarahkan agar pelayanan ke imigrasian dapat berinovasi atau melakukan terobosan baru yang optimal dengan menyesuaikan budaya daerah masing-masing. “Di Lamsel sendiri kami memberikan kemudahan-kemudahan. Salah satunya, pemohon perpanjagan pasport khususnya warga Lamsel hanya dengan melampirkan KTP-Elektronik bisa kami layani. Lalu, jemput bola pengambilan sidik jari geometrik bagi manula dan orang sakit. Sehingga mampu memberikan pelayanan publik yg optimal,”ujar Rija diruang kerjanya, Selasa (16/8) lalu. Dia menambahkan, standart pelayanan di Imigrasi Kalianda juga cukup baik dan optimal. Sebab, menurut penilaian Ombusdman RI perwakilan Lampung, Kantor Imigrasi Kalianda telah dilengkapi berbagi sarana penunjang. “Kamimemiliki ruang menyusui, ruang bermain anak dan bahkan ruang kusus penyandang disabilitas. Ini salah satu upaya kami memberikan pelayanan publik yang baik dan optoimal. Bahkan, semua ruangan pelayanan tanpa skat dan transparan,”imbuhnya. Lebih lanjut dia mengatakan, pelayanan di Kantor Imigrasi Kalianda juga telah dilengkapi dengan nomor antrian elektronik. Sehingga, pemohon yang datang lebih dahulu akan dilayani lebih dahulu. “Kami juga memiliki alat digital untuk memberikan saran. Apabila pemohon tidak puas dengan pelayanan petugas, maka bisa menekan tombol saja yang langsung terkoneksi dengan Humas Kemenkum dan HAM. Maka, kami terus berupaya melakukan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,”pungkasnya. (idh)

Sumber: