DLH Bakal Tegur Petugas Kebersihan

DLH Bakal Tegur Petugas Kebersihan

Randi Pratama - Inilah tong sampah yang dikembalikan petugas kebersihan tepat di teras pintu depan rumah Andi.--

KALIANDA, RADARLAMSEL.COM - Pelayanan kurang mengenakan datang dari petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lampung Selatan. Petugas yang mengangkut sampah di Lingkungan 4, Kelurahan Way Urang, Kecamatan Kalianda, dinilai seperti tidak betah.

 

Layanan kurang mengenakan itu dialami warga Lingkungan 4. Pada Senin (5/6/2023) pekan lalu, petugas melakukan rutinitasnya seperti biasa mengangkut sampah di lingkungan itu. Setelah sampah diangkut, rupanya petugas tak menaruh tongnya ke tempat semula.

 

"Tongnya ditaruh di rumah orang lain, bukan rumah saya," ujar Andi (31), kepada Radar Lamsel, Minggu (11/6/2023).

 

Dengan terpaksa, Andi harus mengambil tongnya yang ditaruh di halaman tetangganya. Seling beberapa hari kemudian, kebetulan ada petugas yang menagih retribusi pelayanan persampahan/kebersihan di lingkungan itu.

 

BACA JUGA:Datang Tak Dilayani, Mau Pulang Dihampiri

 

Andi lalu melayangkan komplain kepada penagih retribusi itu karena tong sampahnya tidak ditaruh ke halaman rumahnya. Setelah mendengar komplain dari Andi, penagih retribusi itu mengatakan akan menyampaikan keluhan kepada petugas di lapangan.

 

Komplain yang dilayangkan Andi memang direspons oleh petugas yang mengangkut sampah. Tetapi malah terjadi hal yang tidak mengenakan. Petugas yang mengangkut sampah di rumah Andi memang mengembalikan tong sampah ke rumahnya. Namun ditaruh di dekat pintu rumah.

 

"Kan di halaman depan itu ada tempatnya. Saya yakin petugas pasti tahu. Ini kok malah dibalikin dekat pintu," katanya.

 

Andi merasa kecewa dengan pelayanan yang diberikan para petugas pengangkut sampah. Menurut dia, hal seperti itu seharusnya bisa dibicarakan. Andi tidak keberatan ababila petugas memang tidak berkenan mengembalikan tong sampah ke tempat semula.

 

"Saya, kan, ikut bayar bulanan. Rasanya wajar kalau ada komplain sedikit. Tapi respons mereka malah negatif," katanya.

 

Radar Lamsel menghubungi Muhrizal, Kepala Bidang yang membawahi urusan petugas kebersihan sampah. Merespons keluhan tersebut, Muhrizal akan menyampaikan komplain dari warga secara langsung kepada petugasnya. (rnd)

Sumber: