Tanamkan Nilai Pancasila, Siswa SMA Negeri 2 Kalianda Diajak Berperan Aktif Berdemokrasi

Tanamkan Nilai Pancasila, Siswa SMA Negeri 2 Kalianda Diajak Berperan Aktif Berdemokrasi

Kepala SMA Negeri 2 Kalianda, Herwansyah, S.Pd dan jajarannya, bersama Ketua KPU Lampung Selatan, Ansurasta Razak, berfoto bareng usai memberikan pemahaman nilai-nilai Pancasila di hadapan para siswa.--

KALIANDA, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Nilai-nilai Pancasila wajib ditanamkan kepada para siswa. Hal itu dilakukan agar siswa memiliki peran aktif dalam berdemokrasi. Inilah yang coba dilakukan oleh SMA Negeri 2 Kalianda melalui kegiatan gelar karya.

Kegiatan yang berlangsung di Aula SMA Negeri 2 Kalianda, Kamis, 31 Agustus 2023 itu mengusung tema "Suara Demokrasi: Suaraku, Pilihanku". Ansurasta Razak, selaku Ketua KPU Lampung Selatan menjadi narasumber. Tugas Aan untuk memberikan pandangan mendalam.

"Khususnya mengenai hubungan erat antara Pancasila dan proses demokrasi di Indonesia," ujar Kepala SMA Negeri 2 Kalianda, Herwansyah, S.Pd saat menyampaikan sambutannya.

Dalam diskusi yang penuh inspirasi itu, lanjut Herwan, siswa-siswa diajak untuk merenung tentang esensi nilai-nilai Pancasila dalam membentuk landasan kuat bagi demokrasi yang berkelanjutan. Ditekankan juga kepada siswa mengenai pentingnya partisipasi aktif dalam pemilihan umum.

BACA JUGA:Bupati Nanang dan Bunda Winarni Berikan Hak Pilih di Pilkades Way Galih

"Dan pemahaman mendalam terhadap hak serta tanggung jawab sebagai warga negara yang demokratis," katanya.

Herwan berharap melalui projek ini, siswa-siswa SMA Negeri 2 Kalianda tidak hanya mendapatkan pengetahuan teoritis, tetapi juga mendapatkan pelajaran berharga tentang penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan nyata. Menurut dia, kegiatan ini tidak hanya memberikan wawasan saja.

"Tetapi juga soal pentingnya suara dalam demokrasi, dan mengajarkan siswa-siswa bagaimana menerjemahkan nilai-nilai tersebut menjadi tindakan nyata dalam mendukung proses demokrasi yang berintegritas dan inklusif," kata Herwan. (rnd)

Sumber: