Meluncur ke Semarang Demi Mutu Layanan Kesehatan

Meluncur ke Semarang Demi Mutu Layanan Kesehatan

Ist. Radar Lamsel - Ketua TP PKK Lamsel, Hj. Winarni Nanang Ermanto menerima cindera mata dari Dinkes Kota Semarang saat Kaji Banding di Dinkes Kota Semarang, Jum’at (20/10/2023) pekan lalu.--

KALIANDA, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Selatan melakukan kaji banding ke Dinkes Kota Semarang. Kegiatan tersebut dilakukan gua meningkatkan mutu layanan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang ada di Bumi Khagom Mufakat ini.

Hal ini ditegaskan Kepala Dinkes Lamsel, Devi Arminanto saat dikonfirmasi Radar Lamsel via sambungan telepon, Minggu (22/10/2023).

Menurutnya, kegiatan kaji banding merupakan salah satu upaya yang dilakukan Dinkes Lamsel dalam pengelolaan BLUD agar lebih baik. Dipilihnya Kota Semarang, imbuhnya, lantaran disana diyakini pengelolaan BLUD lebih baik karena merupakan kota besar dan maju.

“Ya, pekan lalu kita melakukan kaji banding di Kota Semarang. Kita ingin belajar bagaimana meningkatkan mutu layanan BLUD agar kedepan lebih baik,” ungkap Devi via telepon.

BACA JUGA:Dwi Astuti Mendongkrak Penanganan Korupsi

Dia menegaskan, kegiatan tersebut diikuti oleh jajaran terkait Dinkes Lamsel. Serta, turut hadir pula Ketua TP PKK Lamsel, Hj. Winarni Nanang Ermanto yang merupakan Duta Stunting Lamsel.

“Kita juga ingin belajar cara mengentaskan stunting agar lebih baik. Hasil dari kaji banding ini akan kita terapkan di daerah kita,” tukasnya.

Seperti diketahui, dalam kaji banding itu Dinkes Lamsel langsung diterima Kepala Dinkes Kota Semarang, Dr. dr. Moch. Abdul Hakam di Kantor Dinkes Kota Semarang, Jum’at (20/10/2023) pekan lalu.

Dalam sambutannya, Kepala Dinkes Kota Semarang, Moch. Abdul Hakam mengatakan, Kota Semarang memiliki 39 Rumah Sakit, 32 Puskesmas dan 949 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

“Di Kota Semarang ini kami punya 39 Rumah Sakit, 32 Puskesmas dan 949 FKTP. Artinya kita bisa saling tukar pendapat dan diskusi soal peningkatan mutu dan layanan BLUD agar kedepan bisa semakin baik," ungkap Moch. Abdul Hakam.

Sementara itu, Ketua TP PKK Lamsel, Hj. Winarni Nanang Ermanto menyampaikan, terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kota Semarang yang telah bersedia menerima Kedatangan tim Dinas Kesehatan Lampung Selatan.

“Terima kasih atas penerimaannya dan kegiatan kunjungan ini kami anggap penting. Karena kami mendapatkan mandat dari Bapak Bupati untuk meningkatkan layanan BLUD Puskesmas di Kabupaten Lampung Selatan, bahkan layanan publik secara keseluruhan sebagai upaya kami memberikan layanan terbaik kepada masyarakat" kata Winarni. 

Dia mengungkapkan, di tahun 2022 Lampung Selatan telah mencanangkan layanan Puskesmas Inklusif. Dengan harapan, untuk memberikan layanan maksimal, merata dan adil kepada masyarakat.

“Kami sadar dalam rangka meningkatkan layanan pemerintah daerah khususnya BLUD Puskesmas, tidak hanya melengkapi sarana dan prasarana saja. Tetapi kapasitas pelaksananya harus juga mampu melakukan pengelolaan institusi Puskesmas dengan baik,” pungkasnya. (idh/rls)

Sumber: