Presiden Jokowi : Nanti Dilihat Di Rekening Bapak/ibu bulan November-Desember akan ada transfer Rp400 Ribu

Presiden Jokowi : Nanti Dilihat Di Rekening Bapak/ibu bulan November-Desember akan ada transfer Rp400 Ribu

Presiden Joko Widodo meninjau persediaan pangan sekaligus menyerahkan bantuan pangan kepada keluarga penerima manfaat (KPM), di Gudang Bulog Campang Raya, Kota Bandar Lampung, pada Kamis, 26 Oktober 2023. Foto: BPMI Setpres/Rusman--

Mengawali  kunjungan kerjanya ke Provinsi Lampung, Presiden Joko Widodo langsung mendatangi gudang Bulog Campang Raya, Kota Bandar Lampung,  Kamis, 26 Oktober 2023.

Di sini, Kepala Negara meninjau cadangan pangan, sekaligus menyerahkan bantuan pangan ke provinsi. Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Dalam kesempatan tersebut, Presiden  berdialog dengan salah satu KPM yang mempertanyakan nasib beberapa tetangganya yang tidak terdaftar sebagai penerima bantuan pangan. Bahkan, tetangganya  juga bukan penerima manfaat program Keluarga Harapan (PKH).

“Apakah masyarakat non-PKH bisa menerima (bantuan pangan)?," tanya  penerima manfaat.

Presiden Jokowi juga mengatakan, setiap keluarga yang berhak menerima bantuan sembako dapat mendaftar ke instansi pemerintah terdekat.

Presiden menjelaskan pemerintah telah mengalokasikan anggaran yang cukup untuk bantuan pangan.

"Sebenarnya dari segi budget ada, tapi kalau tidak diakui nanti yang salah dinasnya, sayang dinas yang disalahkan. Jadi kita tetap harus mengikuti prosedurnya," kata Presiden.

Presiden juga menyampaikan, saat ini pemerintah sedang menyusun program bantuan pangan cadangan beras yang akan dilanjutkan pada tahun 2024.

Jika anggaran tersedia dan mencukupi, maka pemerintah akan kembali memberikan bantuan pangan pada tahun mendatang.

“nanti tiga bulan diawal tahun depan kita akan berikan masing-masing setiap bulan 10 kg,” ungkap Presiden.

Selain itu, pemerintah juga akan menyiapkan tambahan bantuan sosial PKH kepada para penerima manfaat. Bantuan sosial tersebut akan diberikan pada dua bulan terakhir di tahun 2023. 

“Nanti dilihat di rekening Bapak/Ibu semuanya nanti di bulan November dan Desember akan ada transfer (total) Rp400 ribu,” ucap Presiden dilansir dari Presidenri.go.id

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Direktur Senior Perum Bulog Budi Waseso, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, dan Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana turut mendampingi Presiden dalam acara tersebut.(BPMI Setpres)

Sumber: