SMAN 1 Natar Apresiasi Kegiatan Goes to School Diselenggarakan Saburai TV

SMAN 1 Natar Apresiasi Kegiatan Goes to School Diselenggarakan Saburai TV

Puluhan Siswa SMAN 1 Natar Mengikuti Pelatihan Goes to School Bersama Tim Saburai TV. Foto : Radar Lamsel ----

RADARLAMSEL.COM -- Saburai Tv menghelat acara goes to school di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Natar. dalam kegiatan itu, tim Saburai Tv membawa dua pemateri untuk memberi pemahaman tentang pentingnya Public Speaking dan Broatcasting.

Kedua pemateri tersebut yaitu Andri Kurniawan Jurnalis Senior, dan Fitri Amalia Jurnalis Saburai Tv, hadir juga Pemimpin Redaksi Saburai Tv Kiemas Yogi Saputra.

Pemateri pertama disampaikan oleh Fitri mengenai apa yang dimaksud public speaking, pentingkah belajar Public Speaking, bagai mana cara penerapannya.

Menurut Fitri, memahami tentang public speaking sejak dini atau sejak dibangku sekolah sangat penting karena memungkinkan seseorang untuk berbagi ide, informasi, dan pemikiran dengan cara yang kuat dan efektif.

Selain itu keterampilan ini membantu dalam membangun kepercayaan diri, memperluas jaringan sosial, serta memengaruhi dan menginspirasi orang lain. 

" karena kalo menurut saya kemampuan untuk berbicara di depan umum juga penting dalam karier, membantu seseorang untuk mempromosikan diri, memengaruhi keputusan, dan memimpin dengan efektif. Selain itu, public speaking juga memainkan peran penting dalam mengembangkan keterampilan komunikasi yang kuat dan membangun reputasi yang positif." Ujar Fitri.

Rata-rata setiap belajar Public Speaking, keluhan paling banyak mengenai bagai mana cara menghilangkan grogi. Nah, untuk mengatasi rasa grogi saat berbicara di depan umum kata Fitri, ada beberapa strategi yang dapat dicoba. 

Pertama, latihan lah presentasi atau pidato Anda dengan baik, sehingga Anda merasa lebih percaya diri dengan materi yang akan disampaikan. 

Selain itu, bernapaslah secara perlahan dan dalam untuk menenangkan saraf Anda sebelum berbicara. Berbicaralah dengan tenang dan dalam, serta tetap fokus pada pesan yang ingin Anda sampaikan.

Terakhir, ingatlah bahwa ketegangan adalah hal alami, dan menerima ketegangan tersebut sebagai bagian dari pengalaman bisa membantu mengurangi rasa grogi.

Dalam Public Speaking ada materi bagai mana cara menjaga perhatian audiens, untuk hal ini pertama pastikan bahwa presentasi Anda memiliki struktur yang jelas dan mudah diikuti.

Gunakan bahasa yang menarik dan relevan, serta sertakan contoh atau cerita yang mendukung pesan Anda. Selain itu, gunakan gerakan tubuh yang sesuai, " Interaksi dengan audiens juga penting, jadi libatkan mereka dengan pertanyaan atau diskusi singkat. Terakhir, pastikan presentasi Anda tidak terlalu panjang dan sesuaikan dengan waktu yang ditetapkan," katanya.

ada banyak juga pertanyaan yang muncul, seperti bagai mana mengurangi perasaan malu di depan banyak orang, yang harus dilakukan pertama-tama ingatlah bahwa sebagian besar orang merasakan hal yang sama. 

Tetap fokus pada pesan atau tujuan Anda, dan buat latihan untuk mempersiapkan diri secara matang. Bicaralah dengan percaya diri, lakukan kontak mata dengan audiens, dan gunakan bahasa tubuh yang terbuka. Jika mungkin, temukan teman atau mentor yang dapat memberikan dukungan dan umpan balik positif. Terakhir, berlatihlah secara konsisten untuk membangun kepercayaan diri Anda secara bertahap.

Sumber: