Apakah Hizbullah dan Hamas bersahabat?

Apakah Hizbullah dan Hamas bersahabat?

Okezone.com / Istimewa --

RADARLAMSEL.DISWAY.ID -- Apakah Hizbullah dan bersahabat?, Mengutip Al Jazeera, Senin (20/11/2023), kedua kelompok ini mempunyai tugas ialah berperang dengan Israel. 

Tetapi mereka mempunyai perbandingan, Hamas mempunyai tujuan utamanya berperang dengan Israel disebabkan untuk mencapai kemerdekaan untuk Palestina. 

Sebaliknya Hizbullah kelompok yang berbasis di selatan Lebanon berdiri sejak 1982. 

Kelompok ini menganut islam syiah serta mempunyai tujuan utama buat mengusir budaya Barat di Timur Tengah serta menghancurkan negeri Israel. 

Lalu apakah Hizbullah serta Hamas bersahabat? Tampaknya tidak disebabkan mempunyai tujuan yang berbeda walaupun sama-sama mau menyerang Israel. 

Mengutip carnegie-mec.org, semenjak Arab Spring memperoleh momentumnya di Timur Tengah serta Afrika pada tahun 2011, ikatan Hamas serta Hizbullah pernah tidak baik-baik saja. 

Tetapi dalam sebagian tahun terakhir, ikatan kedua kelompok ini kembali membaik. Perihal ini tidak lepas dari tekad Hamas serta Hizbullah buat mempertahankan kekuasaan mereka di Lebanon serta Palestina. 

Tidak hanya itu, Hamas serta Hizbullah pula mempunyai uraian yang sama soal perlawanan. Keduanya secara langsung menghubungkan perlawanan dengan perang melawan Israel. Tidak hanya itu, keduanya pula sama-sama mempunyai sayap militer yang berperan di luar batasan Lebanon buat Hizbullah serta Otoritas Nasional Palestina buat Hamas. 

Lebih dahulu pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah menegaskan Tidak terdapat deklarasi perang habis-habisan terhadap Israel. Paling tidak tidak saat ini 

Nasrallah ketahui kalau negeri ini tidak memiliki kemauan buat kembali berperang dengan negeri tetangganya yang kokoh Yang terakhir terjalin pada 2006. 

Jadi bisa disimpulkan kalau Hamas serta Hizbullah merupakan 2 kelompok yang berbeda tetapi mempunyai tujuan yang sama terhadap Israel.(*)

Sumber: