Ada Pembiaran Bertahun-tahun oleh Dinas PU, Jalan Diatas Jembatan Tegal Lega Penghubung Natar-Jati Agung Rusak

Ada Pembiaran Bertahun-tahun oleh Dinas PU, Jalan Diatas Jembatan Tegal Lega Penghubung Natar-Jati Agung Rusak

Kondisi jembatan Tegal Lega Penghubung kecamatan Natar dan kecamatan Jati Agung Rusak Parah. Febi Herumanika/Radarlamsel.disway.id---

JATIAGUNG, RADARLAMSEL.DISWAY.ID -Kondisi jalan diatas Jembatan penghubung kecamatan Jati Agung dan Natar dibiarkan rusak bertahun-tahun tanpa ada perbaikan dari Dinas PU Lampung Selatan.

Terpantau di lokasi, aspal di bagian atas jembatan tersebut secara keseluruhan terkelupas, saat musim hujan genangan air kubangan memenuhi jembatan, begitu pun sebaliknya saat musim kemarau nampak lubang-lubang besar aspal sangaji jelas.

Masyarakat menilai kondisi jalan diatas jembatan rusak karena ada pembiaran oleh Pemkab tanpa adanya solusi sejak sekian lama.

" mestinya kalau sudah melihat ada kerusak segera ditangani. Bayangkan seandainya jalanan diatas jembatan itu jebol tentu biayanya akan sangat mahal dan akan membahayakan pengguna jalan," ungkap Adri Kurniawan Sekjen Pergerakan Masyarakat Analisis Kebijakan.

Pemerintah terutama Dinas PU Lampung Selatan, kata Andri, terlalu acuh dan merasa nyaman selama ini melihat kondisi jalan dan jembatan yang rusak, dan dampaknya saat ini dirasakan, karena banyak media sosial yang menyoroti.

Salah satu contoh, sebelum jalan di Tanjung Waras desa Merak Batin viral di media sosial karena rusak parah, ada media yang terang-terangan menyebut jalan itu seperti kubangan kerbau, tapi apa respon dari Pemkab Lamsel tidak ada kan.

" Mereka (Dinas PU) dan Kominfo sibuk sendri membuat video klarifikasi di lapangan, padahal yang dibutuhkan masyarakat itu bukan video-video begitu tetapi perbaikan dari dulu," ungkapnya.

Sangat disayangkan jika jembatan di Tegal Lega perbatasan antara Natar dan Jati Agung ada pembiaran bertahun-tahun lamanya meski kondisi jalan diatas jembatan tersebut sudah lama rusak.

" Nggak sampai 20 meter aspal di atas jembatan itu, coba diperbaiki oleh Dinas PU. kalau dibiarkan jembatan tersebut akan cepat rusak, kalau rusak butuh biaya besar memperbaikinya," ucap Andri.

 

Saputra (34) masyarakat yang ditemui saat melintas mengatakan, Sudah sejak lama aspal atas jembatan Tegal lega rusak, hampir semua aspalnya terkelupas, berlubang, namun tidak ada solusi yang diambil oleh Pemkab Lampung Selatan terutama Dinas PU setempat.

" kalau nunggu jembatan patah dulu baru anggaran turut ya cara berpikirnya tidak bagus juga. Mestinya diperbaiki sebelum terjadinya kerusakan parah itu baru pemerintah yang memiliki solusi bagus," ungakapanya.

" semoga saja jalan dan jembatan yang rusak segera diperbaiki, karena kasihan masyarakat melintas dijalan rusak, jembatan pun rusak juga," katanya.(*)

 

Sumber: