Bupati Lampung Selatan Buka Musrenbang Kecamatan Natar, Semua Usulan Masyarakat Jadi Prioritas

Bupati Lampung Selatan Buka Musrenbang Kecamatan Natar, Semua Usulan Masyarakat Jadi Prioritas

Camat Natar Supi'ah, S.Ag, M.Si, Menyampaikan Capaian pemerintahan kecamatan ditahun 2023 dan memaparkan usulan rencana pembangunan 2024 dalam Musrembang kecamatan di desa Rulung Sari. Febi Herumanika/Radarlamsel.disway.id---

NATAR,RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto membuka langsung Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan Natar tahun 2024 di Desa Rulung Sari Kecamatan Natar, Selasa 20 Februari 2024.

Bupati Lampung Selatan dalam kesempatan itu mengatakan, anggaran untuk tahun 2024 paling banyak untuk kecamatan terbesar di Lampung Selatan yaitu kecamatan Natar.

Bupati juga dalam kesempatan itu menerangkan, bahwa pembangunan di Lampung Selatan tidak hanya infrastruktur melainkan harus mengedepankan pembangunan sumber daya manusia, karena menurut Bupati SDM yang unggul untuk kemajuan masa depan Lampung Selatan dalam jangka panjang.

Tujuan dari Musrembang, kata Bupati Lampung Selatan, untuk menentukan langkah pembanguan kedepanya dengan demikian harus mengikuti sertakan elemen masyarakat untuk merancang apa yang akan dibangun.

" Pembangunan harus berdasarkan usul dari tokoh, pemuda, dan seluruh masyarakat desa, dan usulan yang disampaikan Bu camat tadi saya terima semua untuk diprioritaskan, bukan pokar pokir pokar pokir terus yang ditanyakan. Usulan dari masyarakat melalui kecamatan itu yang harus kita jalankan," ucap Bupati dalam sambutannya.

"Jangan pas di parlemen marah-marah kepada kepala Dinas, pokar pikir, Nanti usulan dari warga kemudian apa yang diprioritaskan Bu camat itu yang kita jalankan, karena itu merupakan usulan betul-betul dari masyarakat," ucap Nanang Ermanto.

Untuk saat ini, lanjut Bupati, Usulan masuk ke sistem e-planning mana yg akan di prioritaskan, ketika anggaran APBD tidak memadai, kita mempunyai APBN ada aplikasi Krisna.

"Jadi tidak ada lagi saling klaim itu usulan saya, mikirin pokar pokir, kita harus mendengarkan apa kata masyarakat," tegas Nanang.

Sebanyak 7 usulan prioritas Camat Natar hampir secara keseluruhan direstui oleh Bupati Lampung Selatan.

" Usulannya saya terima 5 dan ini menjadi prioritas kita. Seperti peningkatan jalan Tegineneg - Rulung Raya ke arah Sukadamai," katanya.

Dalam kesempatan itu juga Nanang mengatakan, selain prioritas usulan kecamatan, dia akan menambah jalan produksi peternakan dan pertanian di desa.

Bupati juga menghimbau kepada seluruh Kepala desa di kecamatan Natar untuk menggali potensi pendapatan yang ada di masing-masing desa untuk mendongkrak pendapatan asli desa.

"Bagaimana para kades ini bisa meningkatkan Potensi, jangan hanya menuntut infrastruktur tetapi SDM harus ditingkatkan untuk berkelanjutan," jelas Bupati.

"Nggak gampang jadi pemimpin karena kita harus meningkatkan SDM yang berkualitas, menuntaskan stunting, jangan sampai di desa masih ada anak putus sekolah, berapa anak tidak mampu biaya sekolah harus dicarikan solusi harus diselesaikan, itu baru bentuk kepemimpinan," jelasnya.

Sumber: