The Magic of Tuping, Tema yang Mengusung Kekayaan Budaya di Kalianda Kite Festival III

The Magic of Tuping, Tema yang Mengusung Kekayaan Budaya di Kalianda Kite Festival III

Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, bersama Kepala Disparekraf Provinsi Lampung, Bobby Irawan, turut menari bersama ribuan peserta Tari Tuping di acara Kalianda Kite Festival III.--

KALIANDA, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - The Magic of Tuping jadi tema dalam Kalianda Kite Festival tahun 2024 yang digelar di Kalianda Beach, Sabtu, 7 September 2024. Festival layang-layang yang jadi agenda tahunan ini sukses menyedot ribuan peserta dari dalam dan luar Kabupaten Lampung Selatan.

Penampilan Tari Tuping massal yang diikuti oleh ribuan peserta jadi salah satu pemikat. Festival layang-layang tahun ini juga dibungkus dengan pelbagai kegiatan menarik, ada kompetisi tari kreasi tradisional yang mengangkat kekayaan budaya Indonesia, ditambah rilis lagu pariwisata Lampung Selatan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lampung Selatan, Kurnia Oktaviani, S.Sos., M.M. menyebut digelarnya Kalianda Kite Festival memiliki tujuan untuk mempromosikan, dan memperkenalkan destinasi pariwisata unggulan di Kabupaten Lampung Selatan kepada wisatawan domestik dan mancanegara.

"Plus mengembangkan budaya tari tunggal dan permainan tradisional layang-layang. Menumbuhkembangkan kesadaran semangat dan rasa memiliki akan adanya destinasi wisata yang ada di Lampung Selatan sebagai daya tarik wisatawan," ucapnya.

BACA JUGA:Pemkab Lamsel Gelontorkan Rp6 miliar, 4.995 Guru Terima Insentif Jutaan

Melalui festival itu, lanjut wanita yang akrab disapa Nunun, diharapkan mampu memberikan dampak terhadap pengembangan kepariwisataan berbasis masyarakat, dan juga memberikan dampak langsung pada tumbuhnya industri kecil dan menengah, serta UMKM, untuk perekonomian masyarakat sekitar.

"Jadi ada upaya potensi promosi wisata bahari yang ada di Lampung Selatan, sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan peningkatan PAD dari sektor pariwisata,” katanya.

Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, mengapresiasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang telah sukses menggelar Kalianda Kite Festival III. Secara tidak langsung, kata Nanang, acara itu menjadi media promosi dengan mem-branding wisata yang ada di Kabupaten Lampung Selatan.

"Terima kasih kepada Kepala Disparekraf Provinsi Lampung, Bobby Irawan, yang telah memberikan dukungan yang luar biasa. Pemerintah Daerah akan terus membranding wisata-wisatanya," katanya.

Nanang berharap perkembangan pariwisata di Provinsi Lampung dan Kabupaten Lampung Selatan akan sejurus. Dengan begitu, pertumbuhan ekonomi di tengah-tengah masyarakat akan semakin meningkat dan lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya.

Kepala Disparekraf Provinsi Lampung, Bobby Irawan, yang turut hadir dan menyaksikan secara langsung merasa kagum dengan perhelatan Kalianda Kite Festival III. Menurut Bobby, acara semacam ini sudah sesuai dengan strategi Pemerintah Provinsi, yakni menjadikan Lampung sebagai bumi event.

"Event adalah kekuatan atraksi untuk menjadi magnet menarik wisatawan ke Provinsi Lampung. Tentunya kami sangat mendukung event ini, keren banget, apa lagi ada festival layang-layangnya," katanya.

Bobby menambahkan bahwa Kabupaten Lampung Selatan punya nama yang cukup mentereng, karena telah menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Provinsi Lampung. Bila melihat data, dalam dua tahun terakhir pariwisata di Kabupaten Lampung Selatan semakin meningkat.

"Sekarang sudah ada pergeseran. Sebagian besar turis wisatawan yang datang, terutama yang dari luar provinsi menjadikan favoritnya di Kabupaten Lampung Selatan," kata Bobby.

Sumber: