Masyarakat Keluhkan Pelayanan Samsat
• Kasat Lantas: Tadi Ada Upacara, Besok Sudah Normal Lagi
KALIANDA – Pelayanan di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kalianda dikeluhkan masyarakat. Ini lantaran molornya waktu pelayanan yang diberikan oleh para petugas loket di kantor itu. Informasinya, dari Senin (21/5) lalu, pelayanan di kantor Samsat Kalianda molor sampai 15 menit lebih. Seharusnya jadwal pelayanan dimulai pukul 08.00 WIB, namun pada kenyataannya pelayanan di buka pukul 08.15 WIB. Untuk membenarkan informasi ini, Radar Lamsel melakukan pengecekan di lapangan Selasa (22/5) kemarin. Dari pantauan pada pukul 07.50 WIB sampai pukul 08.00 WIB belum ada petugas loket yang bertugas di loket kasir 1, loket pendaftaran dan loket perpanjangan STNK. Pada jam ini, yang sudah membuka pelayanan hanya loket ganti STNK, BBN, mutasi dan duplikat. Kemudian pada pukul 08.03 WIB, petugas loket baru melakukan bersih-bersih ruangan. Yang seharusnya pada waktu itu dipergunakan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dan mirisnya, itu hanya dilakukan oleh petugas loket 1. Sedangkan 2 loket lainnya masih lowong sampai pukul 08.15 WIB. Akhirnya pelayanan semua loket pun di buka tepat pada pukul 08.17 WIB. Melorotnya waktu pelayanan ini menuai komentar masyarakat yang ingin membawar wajib pajak kendaraan mereka. Seperti yang diungkapkan Rahman (57) warga Kalianda yang berniat membayar pajak tahunan kendaraan bermotornya ini mengaku sangat kecewa. “Terus terang kami kecewa lah, kami mau bayar pajak kok diperlambat,” keluhnya kepada Radar Lamsel saat ditemui di Samsat Kalianda, kemarin. Pria berdarah Batak ini menganggap keluhan yang dilontarkan terbilang wajar, karena sebagai masyarakat yang patuh terhadap pajak, seharusnya mereka diberi pelayanan yang maksimal. “Giliran kami tidak bayar, kena sentil. Giliran mau bayar, kok petugasnya kayak begini,” keluhnya. Komentar lain juga diungkapkan oleh Masti (48), ia mengatakan sistem yang diterapkan di kantor Samsat Kalianda amat buruk karena tidak mempunyai sikap disiplin yang ditanamkan kepada petugasnya. “Siapapun kalau tidak disiplin, semuanya bakal rusak. Apapun itu. Lihat ini, sistemnya rusak, karena apa, tidak disiplin,” katanya. Di konfirmasi soal pelayanan Samsat Kalianda yang molor, Kasat Lantas Polres Lamsel AKP. Reza Khomeini, S.IK membenarkan jika pelayanan seharusnya dilakukan mulai pukul 08.00 WIB. Reza beralasan molornya waktu pelayanan yang sampai 15 menit lamanya itu karena pada waktu yang bersamaan Polres Lamsel beserta pengurus Bhayangkari melaksanakan upacara penyambutan kedatangan Bintara remaja yang dimutasi ke Polres Lamsel. “Seharusnya pukul 08.00 WIB, tapi karena ada upacara penyambutan terpaksa molor. Besok pelayanan sudah mulai normal lagi,” katanya. (rnd)Sumber: