Walikota Eva Dwiana Bersama Ribuan Petugas dan Masyarakat Semangat Bersihkan Sampah Pantai

Walikota Eva Dwiana Bersama Ribuan Petugas dan Masyarakat Semangat Bersihkan Sampah Pantai

--

BANDARLAMPUNG, RADARLAMSEL.COM - Walikota Bandarlampung Eva Dwiana bersama ribuan petugas dan masyarakat tumpah ruah membersihkan sampah di pantai Jalan Ikan Selar, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan, Bumiwaras, Bandar Lampung, Senin (10/7/2023).

Meski sempat diguyur hujan deras hal itu tak menyurutkan semangat ribuan petugas serta masyarakat sejak pukul 07.00 WIB. Mereka bahu membahu membersihkan sampah plastik yang menggunung di pantai tersebut.

Mobil truk sampah milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bandar Lampung pun hilir mudik mengangkut kantong sampah plastik yang telah dikumpulkan. "Ayo kawan-kawan bersihkan sampah," ucap salah satu personel Pandawara Group.

Raisa (24) warga Bandar Lampung mengaku, datang kelokasi lantaran tergugah oleh postingan media sosial Pandawara Group yang viral. "Pandawara kan viral di sosmed mau bersihkan pantai di Bandar Lampung, jadi kami ikut," ujarnya.

BACA JUGA:ASN Pemkab Tulangbawang Sumringah, Gaji ke-13 Sudah Cair

Sementara itu, Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana mengatakan, dengan Pandawara memberikan sosialisasi jadi semua komunitas termasuk forkopimda ikut membersihkan sampah di pesisir pantai.

Orang nomor satu di Kota Tapis Berseri ini mengaku, pesisir laut ini bukan kapasitas dari Kabupaten/Kota, tapi itu kewenangannya Provinsi. Hal itu berdasarkan UU 23 tahun 2014 yaitu di pasal 14 ayat 1.

"Tapi ya ini menjadi tanggungjawab kita bersama. Bahwa pemerintah Bandar Lampung dan Forkopimda dan juga masyarakat ini sudah kita lakukan pembersihan," ujar Bunda Eva, sapaan akrabnya.

Namun demikian, lanjut Bunda Eva, semua pihak harus memikirkan bagaimana solusi dari membersihkan sampah yang berasal dari pesisir pantai.

"Karena ada waktu-waktu tertentu sampah kiriman dari laut ini menumpuk. Tapi mari kita gotong royong untuk mengatasi sampah," tutupnya. (dka)

Sumber: