Lantik 6 Kades di Kecamatan Ketapang, Bupati Minta Kades Melayani Masyarakat untuk Kemajuan Desa

Lantik 6 Kades di Kecamatan Ketapang, Bupati  Minta Kades Melayani Masyarakat untuk Kemajuan Desa

Foto Nyoman Subagio: Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto melantik enam kades di Kecamatan Ketapang, Rabu (20/9/2023).--

KETAPANG, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto melantik enam kepala desa (Kades) di Kecamatan Ketapang, Rabu (20/9/2023). 

Pelantikan Kades terpilih hasil Pilkades serentak gelombang kedua tahun 2023 itu di pusatkan di lapangan Desa Tamansari. Kepala desa yang dilantik di Kecamatan Ketapang yakni, Kades Sidoluhur Zakariya, S.H, Kades Sripendowo Artaji, Kades Tamansari Sutrisno, Kades Sidoasih M. Ibrahim, Kades Pematangpasir Darto Wasono,S.Pd dan Kades Berundung H. Sultan.

Selain melantik para kepala desa terpilih, disaat bersamaan juga dilaksanakan pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK dari enam desa tersebut. Yakni, Ny. Nanik Artaji sebagai Ketua TP-PKK Desa Sripendowo, Ny. Nurani Vidi Astuti Sutrisno sebagai Ketua TP-PKK Desa Tamansari, Ny. Riswati M. Ibrahim sebagai Ketua TP-PKK Desa Sidoasih, Ny. Sholihah Darto sebagai Ketua TP-PKK Desa Pematangpasir, Ny. Hj. Nurlia Sultan selaku Ketua TP-PKK Desa Berundung dan Ny. Suryati Zakaria sebagai Ketua TP-PKK Desa Sidoluhur.

Pelantikan enam kades terpilih serta enam ketua TP-PKK Kecamatan Ketapang berjalan khidmat dan sangat meriah dihadiri ribuan masyarakat pendukung para kades yang dilantik. 

BACA JUGA:Hearing “Korea-korea” Woongsol Wajib Bawa Penerjemah

Pada kesempatan itu pula, Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hj. Winarni Nanang Ermanto, Sekretaris Daerah Thamrin, S.Sos, M.M dan sejumlah pejabat Pemkab Lamsel untuk mengikuti prosesi pelantikan enam kades untuk periode 6 tahun kedepan.

Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyampaikan, perbedaan pendapat semasa pilkades adalah sesuatu hal yang biasa, namun hal lain yang harus dijaga adalah kondusifitas dan keamanan di desa masing-masing.

"Saat ini, mari bersama-sama menghapuskan perbedaan-perbedaan pilihan dan perpecahan yang mungkin ada selama masa pilkades. Desa ini hanya akan berkembang jika kita bersatu,” kata Nanang Ermanto saat menyampaikan sambutan.

Bupati Nanang berpesan kepada para Kepala Desa yang baru saja dilantik, bahwa tugas sebagai pemimpin adalah melayani masyarakat dan membuktikan diri melalui kinerja yang nyata.

“Jangan kotori pikiran ini dengan dendam, ingat kita seorang pemimpin adalah pelayan masyarakat, pemimpin hebat dibuktikan dengan kinerja” kata Nanang Ermanto.

Dikatakan, masing-masing desa yang di pimpin para kades yang di lantik pasti memiliki kelebihan satu sama lainnya. Kelebihan yang dimiliki desa, harus dapat dikelola dengan sebaik-baiknya. Kelebihan atau potensi desa harus dapat menjadikan desa maju dan mandiri. Bupati Lamsel meminta para kades dapat memberdayakan seluruh elemen masyarakat untuk mendukung program pembangunan desa. 

"Masyarakat menggantungkan harapan besar kepada saudara sekalian untuk menjadikan desanya maju, makmur, dan tentunya kesejahteraan masyarakat harus menjadi perhatian yang khusus. Oleh karena itu, saya minta saudara semua betul-betul mampu menggali dan mengembangkan  berbagai potensi yang ada di desanya masing-masing," terangnya.

Selain itu sebagai ujung tombak kemajuan TP. PKK Desa, kita harus bangga, karena  PKK sangat berperan penting dalam penggerak ekonomi keluarga masyarakat pedesaan. Dan memiliki tujuan utama meningkatkan kesejahteraan keluarga dan pemberdayaan terhadap kaum perempuan. Dengan peran kita sebagai penyuluh penggerak keluarga, maka kita dapat  membangun kepribadian baik yang bisa diterapkan dalam lingkungan.

Sumber: