Inovasi Diperlombakan Meriahkan HUT Lamsel

Inovasi Diperlombakan Meriahkan HUT Lamsel

Kepala balitbang lamsel M. Yusuf--

KALIANDA RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Berbagai kegiatan lomba inovasi dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lampung Selatan ke-67 tahun 2023, bakal digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang).

Perlombaan tersebut terbagi dalam tiga kategori lomba. Mulai dari Lomba Inovasi Daerah (Linda), Lomba Karya Tulis Ilmiah Lampung Selatan (LKTI Lamsel) dan Lomba Teknologi Tepat Guna Lampung Selatan (Lotek Tuna Lamsel).

Kepala Balitbang Kabupaten Lamsel, M. Yusuf menyatakan, berbagai perlombaan itu digelar guna memeriahkan HUT Lamsel ke-67. Yang mana, tujuan dari pada lomba tersebut agar inovasi dapat menjadi budaya di tengah masyarakat sesuai dengan arahan dan harapan Bupati Lamsel, H. Nanang Ermanto.

“Tujuan nya agar berinovasi ini dapat menjadi budaya kita (Lamsel’red). Sehingga dapat menciptakan ide dan kreativitas ditengah masyarakat,” ujar M. Yusuf kepada awak media, Kamis (12/10/2023).

BACA JUGA:Kemensos-Pemkab Dampingi Warga Registrasi NIK BBL

Dia menjelaskan, untuk pendaftaran dan pengumpulan proposal Lomba Inovasi Daerah dimulai tanggal 9 Oktober hingga 7 November 2023, mendatang. Sedangkan LKTI waktu pendaftaran dan pengumpulan karya tulis pada 9 Oktober hingga 1 November 2023.

“Lalu, untuk kategori Lotek Tuna untuk pendaftaran dan pengumpulan video dan proposal teknologi tepat guna pada 9 Oktober-1 November 2023. Untuk para peserta lomba yang masuk dalam nominasi,akan melakukan persentasi dan pemaparan sesuai dengan tanggal yang sudah ditentukan,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, bagi peserta Lomba Inovasi Daerah Lamsel yakni perangkat daerah yang inovasinya telah dilaporkan ke IGA Kemendagri tahun 2023. Sementara itu, untuk cabang perlombaan LKTI yakni pelajar SMA sederajat dan Mahasiswa.

Sedangkan untuk cabang lomba Lotek Tuna pesertanya adalah masyarakat umum yang berdomisili di Kabupaten Lampung Selatan.

“Untuk pemenang lomba, akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai dengan total jutaan rupiah. Tak hanya itu, inovasi mereka juga akan dipamerkan pada kegiatan Lampung Selatan Expo 2023,” terangnya.

Dia berharap, kegiatan itu akan menjadi daya tarik dan diikuti oleh banyak peserta. Sebab, itu dapat menambah wawasan dan mempelajari berbagai inovasi dari masing-masing peserta lomba.

“Minimal, kita dapat saling belajar dan menambah wawasan untuk kedepannya bagaimana kita dapat menciptakan inovasi-inovasi yang bisa diterapkan untuk kemajuan masyarakat,” pungkasnya. (idh)

Sumber: