Desa Sumbernadi Terus Berkembang

Desa Sumbernadi Terus Berkembang

Kepala Desa Sumbernadi I ketut Sinda Atmita--

Program Pemberdayaan dan Pembinaan Masyarakat Sentuh Langsung Masyarakat

Program-program lainnya yang menyentuh langsung ke masyarakat adalah bidang pemberdayaan masyarakat, bidang pembinaan kemasyarakatan dan bidang penanggulangan bencana. 

Dibidang pemberdayaan masyarakat, Pemdes Sumbernadi mengalokasikan dana sebesar 14 persen dari total APBDes yang di kelola. Sementara bidang pembinaan kemasyarakatan mendapat kucuran dana 9 persen dan penanggulangan bencana sebesar 8 persen.

Dibidang pemberdayaan masyarakat, program kerja yang dilaksanakan adalah ketahanan pangan. Realisasinya, pemerintah desa setempat melaksanakan pembangunan jalan usaha tani berupa rabat beton di Dusun 2, RT; 5 dengan panjang jalan 150 meter, lebar 2,5 meter, dan tebal 15 cm. “Pembangunan jalan usaha tani ini untuk mempermudah mengangkut hasil panen,” kata Ketut Sinda.

“Masih program ketahanan pangan, kami melaksanakan pembelian tiga ekor ternak sapi yang untuk di kembangkan di masyarakat. Kami juga melaksanakan pemeliharaan kolam ikan dan pertanian sayur-sayuran. Kami juga berpartipasi untuk mempromosikan produk UMKM pada acara Ketapang Fair,”paparnya.

Sementara dibidang pembinaan kemasyarakatan desa, lanjut Kades Sumbernadi didampingi aparatur desanya, di gunakan untuk isentif Linmas, bantuan keagamaan, pembinaan kepemudaan dan pemberian isentif guru Pasraman. “Untuk kegiatan keagamaan kami merealisasikan bantuan paving blok di tempat ibadah Pura. Sedangkan untuk pembinaan pemuda diperuntukkan pengadaan alat olahraga,” jelasnya.

Program penanggulangan bencana, kata dia, tahun ini pihaknya mengalokasikan 10 persen dari perolehan dana desa. Bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa itu merupakan program pemulihan perekonomian masyarakat yang masih terdampak Covid-19 lalu. “Tahun ini kami memberikan BLT kepada 19 KPM. Masing-masing KPM mendapat bantuan Rp300 ribu perbulan selama satu tahun,”pungkasnya. (man) 

Sumber: