SDN 2 Branti Raya Ajak Siswa Belajar di Alam Terbuka Untuk Menambah Wawasan & Mensyukuri Ciptaan Tuhan

SDN 2 Branti Raya Ajak Siswa Belajar di Alam Terbuka Untuk Menambah Wawasan & Mensyukuri Ciptaan Tuhan

SDN 2 Branti Raya Ajak Siswa Belajar di Alam Terbuka Untuk Menambah Wawasan & Mensyukuri Ciptaan Tuhan--

RADARLAMSEL.DISWAY.ID -- Sebagain Sekolah Dasar Negeri (SDN) di kecamatan Natar menerapkan belajar dialam terbuka, hal itu bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa tentang alam sekitar, menambah wawasan dan mensyukuri ciptaan Tuhan.

Salah satu SDN yang menerapkan belajar dialam sekitar yaitu, SDN 2 Branti Raya. Puluhan anak SD mengikut kegiatan belajar tersebut dengan riang dan gembira, kata Sutikno Kepala Sekolah SDN 2 Branti Raya.

Menurut Sutikno, dengan belajar dialam siswa lebih gampang menguasai bila belajar dari barang yang nyata. 

Dengan mengajak siswa belajar di alam terbuka menimpa modul pendidikan berjudul alam dekat hingga mereka memperoleh peluang buat belajar dari barang yang nyata (konkret). 

Barang yang nyata ini dapat berwujud bebatuan, aneka tumbuhan ataupun hanya mengamati fenomena alam, misalnya langit yang mendung. Dengan belajar dari suatu yang nyata, mereka akan lebih gampang memahaminya. 

" meski pun hanya satu kali dalam satu minggu kegiatan ini sangat disukai anak-anak SD kami. mereka terlihat antusias saat guru memberi pemahaman mereka lebih banyak memperhatikan dan bertanya, dan merek kelihatan sangat senang sekali," ujar Kepala Sekolah SDN 2 Branti Raya.

Selain itu kata Sutikno, belajar dialam dapat memberi manfaat menanamkan kecintaan pada alam serta Si Khaliq (Pencipta).

"Belajar dengan media alam akan tingkatkan kecintaan siswa pada alam semesta. Kecintaan siswa pada alam semesta, dapat ditunjukan kepada kecintaan pada Si Khaliq ( Pencipta)," katanya.

Dengan memberi pengetahuan seperti ini, anak-anak dapat terus menjadi terdorong untuk dapat melindungi alam ciptaan Allah Swt sebaik-baiknya. 

Menurut Sutikno, kegiatan seperti ini dapat menguatkan otot ataupun motorik anak dikala belajar di luar ruangan, siswa dapat bebas bergerak, berjalan, serta berlari.

 "Kegiatan ini juga akan meningkatkan keakraban antar siswa serta guru. Mereka dengan leluasa menceritakan tentang kesehariannya, pada dasarnya kami memberi pemahaman kepada siswa bahwa belajar itu tidak harus didalam ruangan bisa dilakukan dimana saja, jadi kalau pas mereka pulang dari sekolah mereka bisa belajar dialam sekitar tempat tinggal mereka," katanya.

Belajar dialam juga dapat memberi manfaat baik untuk kesehatan murid, mereka sesekali lari-lari kecil, dengan begitu jantung dan tubuh akan sehat dan segar.(*)

 

 

Sumber: