Akhirnya Relokasi Dilakukan Akhir Tahun, Pedagang Pasar Natar Kecewa Dinas PU Lamsel Bangun Kios Tanpa Pintu

Akhirnya Relokasi Dilakukan Akhir Tahun, Pedagang Pasar Natar Kecewa Dinas PU Lamsel Bangun Kios Tanpa Pintu

Kadis Perdagangan, Kasat Pol PP, Forkopimcam kecamatan Natar, rapat bersama dengan Tim Lima pedagang pasar Natar. Febi Herumanika/radarlamsel.di ---

Soal Relokasi Lanjut Kadis, Bukan pemerintah tidak menerima masukan dari pedagang, bukan juga tidak punya perasaan akan tetapi pembangunan pasar Natar ini merupakan kepentingan secara bersama-sama.

" Pemerintah juga tidak semata-mata menyuruh pedagang untuk keluar begitu saja dari pasar yang akan dibangun, akan tetapi kami menyiapkan tempat sementara yang baru untuk para pedagang, disitu juga tidak ada pungutan lain kecuali seperti biasa (Salar)," kata Kadis Perindag.

" yakin saja pak tidak akan ada Pemerintahan menyengsarakan masyarakatnya, pemerintah hadir tentu akan memberi yang terbaik untuk masyarakatnya, " kata dia.

Camat Natar, Supi'ah, S.Ag, M.Si, dalam kesempatan itu memahami apa yang menjadi keinginan pedagang, namun disisi lain ada aturan yang mesti dijalankan oleh pemerintah yang akan membangun pasar tersebut.

 " kami bisa memaklumi itu, tapi kita harus bergerak sesuai kewenangan masing-masing," ungkap Camat Natar.

di Bulan Juni 2024 informasi awal pasar tersebut sudah potong pita. yang harus dipahami bersama, ini adalah proyek nasional bukan dari anggaran APBD Kabupaten atau Provinsi Lampung melainkan dari Kementrian PUPR, akan sangat disayangkan jika proyek ini tidak disegerakan, tidak diambil dengan cepat.

" Kami tidak menyampingkan pedagang, apa lagi ini merupakan tepat mencari nafkah pedagang untuk itu perlu kita carikan solusi terbaiknya," ungkap Camat.

Sementara Kapolsek Natar, AKP Hendra Saputra mengatakan, bahwa pihaknya tetap menginginkan kondisi tetap kondusif.

" kami dari kepolisian maunya tetap kondusif, kesempatan (pembangunan pasar Natar) tidak akan datang dua kali, karena ini merupakan peluang untuk kita semua untuk pedagang juga. Silahkan dirembukkan, harus dipikirkan secara matang, negara memikirkan untuk keperluan masyarakat banyak," kata Kapolsek.

Pemda juga sudah meyiapkan tempat untuk para pedagang. "Kami siap menjaga supaya kondisi disana nyaman dan aman," tegas mantan Kasat Reskrim Polres Lampung Selatan ini.

Danramil Nata Kapten Agus Masgusriyanto mengatakan, pembangunan pasar Natar merupakan suatu kebanggaan untuk seluruh masyarakat termasuk para pedagang nantinya.

" pasar itu akan dibangun sangat bagus dan akan menarik perhatian semua orang karena Natar punya pasar Moderen yang bagus, ini untuk kepentingan bersama, untuk masyarakat Natar dan semuanya," kata dia.

Kasat Pol-PP Kabupaten Lampung Selatan, Maturidi Ismail dalam kesempatan itu mengatakan, anggaran ini harus dijalankan, kalau tidak dijalankan akan hilang. 

" Program itu harus tetap jalan, kami berharap pak berjalan. Karena hanya ada dua pilihan kalau tidak dijalankan ya hilang, Sangat sayang kalau ini tidak kita tangkap ," katanya.(*)

Sumber: