Dekat Pemilu Harga Beras Naik Seribu

Dekat Pemilu Harga Beras Naik Seribu

Idho Mai Saputra - Pedagang eceran beras tengah mengangkut barang dagangannya ke kendaraan konsumen, Kamis (1/2/2024).--

KALIANDA, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Pedagang eceran beras di bilangan Kota Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan mengeluh. Pasalnya, harga beras naik rata-rata Rp1.000 per kilogramnya pada, Kamis (1/2/2024).

Kenaikan harga beras ini terjadi untuk seluruh kategori. Biasanya, beras kualitas II dijual dengan harga Rp13 ribu perkilo naik menjadi Rp14 ribu perkilo-nya. Sementara beras premium yang biasa dijual Rp14 ribu perkilo naik menjadi Rp15 ribu per kilogramnya.

“Iya, kacau harga beras per hari ini (kemarin’red). Kami baru tahu pagi ini setelah mengecek harga ke bos beras yang biasa kami belanja,” keluh Anto (40) salah satu pengecer beras di Jalan Kesuma Bangsa Kalianda, kemarin.

Dia mengaku, belum tahu pasti penyebab kenaikan harga beras tersebut. Namun, dari informasi yang mereka peroleh kenaikan harga beras ini lantaran pasokan beras yang diterima dari petani sudah minim.

BACA JUGA:Disebut Lakukan Kampanye 'Colongan', Mendag : Pedagang-pedagang Itu Prabowo Semua, mereka yang ngomong Prabowo

“Kata bos nya mah nggak ada barang (beras’red). Kami hanya bisa pasrah saja kalau sudah begini. Artinya keuntungan kami hanya untuk belanja modal lagi karena semua jenis beras sudah naik,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Fatimah (52) konsumen beras yang kebetulan tengah membeli kebutuhan pokok itu mengaku terkejut dengan kenaikan harga beras tersebut. Akibatnya, dirinya mengurangi jumlah pembelian karena kenaikan harga itu.

“Tadinya mau beli kemasan 10 kilogram. Karena hari ini kebetulan harga nya naik jadi saya beli saja separuh nya. Mau gak mau harus dibeli karena beras di rumah sudah habis,” kata Fatimah.

Dia berharap, pemerintah bisa mengambil sikap cepat atas kenaikan harga beras tersebut. “Kalau apa-apa mahal kasihan kami sebagai masyarakat kecil,” pungkasnya. (idh)

Sumber: