Nahkodai FGMPL, Riswo Bakal Gerakan Literasi Provinsi

Nahkodai FGMPL, Riswo Bakal Gerakan Literasi Provinsi

Provinsi KALIANDA - Forum Guru Motivator Penggerak Literasi (FGMPL) Kabupaten Lampung Selatan, Riswo, S.E.,M.Si--

KALIANDA, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Forum Guru Motivator Penggerak Literasi (FGMPL) Kabupaten Lampung Selatan mempunyai nakhoda baru. Riswo, S.E.,M.Si yang juga guru di SMA Negeri 1 Kalianda ditunjuk sebagai ketua FGMPL untuk masa bakti periode tahun 2024 - 2029.

Pemilihan itu diadakan dalam musyawarah daerah (Musda) I yang digelar secara daring, dan luring. Tak mengherankan bila Riswo ditunjuk sebagai ketua baru. 

Pria berdarah Jawa ini sudah memiliki banyak pengalaman di dunia literasi. Khususnya dalam 8 tahun terakhir. Karya yang ditulis Riswo secara langsung menjadi buktinya. 

Beberapa novel terkenal yang berjudul Ketika Meniti Pelangi, Tumbal Pesugihan, Ketika Cinta Menabrak Dinding Tuhan jilid 1, dan 2, serta novel Jeritan di Malam Pengantin, masuk dalam penjualan terbaik. 

Meski sudah melahirkan karya-karya terbaiknya, Riswo tetap menunjukkan eksistensinya. Dia masih saja ikut serta di pelbagai lomba tingkat nasional. Riswo mengakui kalau tujuannya mengikuti lomba-lomba tersebut untuk mengasah kemampuannya. 

BACA JUGA:Penggunaan Aplikasi E-kinerja Hampir 97 persen, Pegawai yang Belum Pakai Siap-siap Kena Sanksi

"Seperti kata pepatah. Lebih sering diasah maka akan semakin tajam," ujarnya kepada Radar Lamsel, Kamis, 1 Februari 2024. 

Sampai sekarang Riswo masih menyempatkan diri sebagai coach menulis buku, dan sebagai salah satu penggerak literasi di Provinsi Lampung. 

Perlu diketahui juga bahwa Riswo merupakan alumni Guru Motivator Literasi tingkat nasional tahun 2021 yang lalu. Riswo memiliki keinginan yang besar terhadap Forum Guru Motivator Penggerak Literasi yang beranggotakan mulai dari guru PAUd, TK, SD, MI, SMP, MTs, SMA/SMK, MA serta para dosen. Dia meyakini forum ini akan mampu menggerakan literasi di Provinsi Lampung. 

"Itu untuk umumnya, tapi secara khusus di Kabupaten Lampung Selatan. Besar harapan kami, forum ini akan memberi dampak yang positif," katanya. 

Selain Riswo, dalam Musda tersebut juga terpilih pengurus lain secara aklamasi. Suhendri, S.Pd. Kepala SD Negeri Sumur sebagai Wakil Ketua I, Neni Desi Fajarwati, M.Pd. Guru MTs. Nurul Islam Sukaraja didaulat sebagai Wakil Ketua II. Sementara jabatan Sekertaris diemban oleh Sutrisno, S.Kom.,M.Pd. Guru SMK Negeri 2 Kalianda, yang merupakan seorang penulis buku mata pelajaran. 

Sedangkan Wakil Sekretaris I dijabat oleh Muhammad Syahid, Kepala SD Negeri Kesugihan Kalianda. Sementara wakil sekretaris II dijabat oleh Titi, M.Pd, guru MAN 1 Lampung Selatan. 

Lalu posisi Bendahara dan Wakil Bendahara masing-masing dijabat oleh Eka Liana, M.Pd, Kepala SD Negeri 1 Palembapang, dan Marlina, S.Pd.I, guru SD Negeri 2 Way Urang. (rnd)

Sumber: