Caleg Garuda Laporkan KPU Lamsel ke DKPP

Caleg Garuda Laporkan KPU Lamsel ke DKPP

Ketua DPC Garuda Zulhaidir--

KATIBUNG, RADARLAMSEL.DISWAY.ID – Calon Anggota Legislatif dari Partai Garuda Kabupaten Lampung Selatan Zulhaidir ogah berdiam diri atas pelanggaran pemilu di dua TPS di Dapil 7 Lampung Selatan. 

Zulhaidir diketahui melaporkan Anggota dan Ketua KPPS TPS 23 Desa Rangai Tri Tunggal dan Anggota serta Ketua KPPS TPS 13 Desa Pardasuka Kecamatan Katibung ke Panwascam Katibung.

Penyelenggara pemilu di TPS tersebut dilaporkan melakukan pelanggaran prosedur mekanisme pelaksanaan pemungutan suara dan pemilihan umum sebagaimana dimaksud pasal 6 ayat (3) huruf a peraturan DKPP no 2 tahun 2017. 

Ketua DPC Partai Garuda Lampung Selatan itu  juga akan melaporkan KPU Lamsel lantaran tidak menjalankan putusan Bawaslu Nomor: 005/HK.00.01/K.LA-02-05/03/2024 untuk menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 23 Desa Rangai dan TPS 13 Desa Pardasuka, Kecamatan Ketibung, Lampung Selatan.

BACA JUGA:Erma Yusneli Caleg DPRD Kabupaten/Kota Peraih Suara Tertinggi di Provinsi Lampung

" KPU tak mau menggelar PSU. Sementara dugaan kecurangan terang benderang, maka kami akan ke DKPP melaporkan KPU Lamsel atas putusannya tidak melaksanakan rekomendasi Bawaslu,” kata Zulhaidir, Minggu (10/3/2024).

Zulhaidir bilang kalau di TPS 23 Desa Rangai ditemukan adanya pemilih menggunakan KTP dari Jatiagung alias luar daerah pemilihan. Selanjutnya di TPS 13 Desa Pardasuka ditemukan penggunaan KTP SIAK.

Padahal penggunaan KTP SIAK sudah tidak berlaku. Bilamana pemilih tidak memiliki KTP-el maka alternatifya menggunakan SUKET yang dikeluarkan oleh Pencatatan Sipil, bukan justru memakai KTP SIAK.

“Langkah kedua kami akan melaporkan sengketa PSU ini ke Mahkamah Konstitusi (MK). KPU Lamsel sudah mengangkangi rekomendasi dari Bawaslu,” kata Zulhaidir.

Zulhaidir cs juga mendesak Gakkumdu mempercepat proses dugaan pemindahan suara Partai Garuda ke salahsatu caleg di Dapil 7. "Gakkumdu harus segera memproses dugaan pemindahan suara Partai Garuda ke salah satu oknum caleg PKB," pungkasnya. (red)

Sumber: