Jelang Pilbup Lamsel Pemekaran Natar Agung Kembali Dimunculkan, Sempat Jadi Janji Politik Zainuddin - Nanang

Jelang Pilbup Lamsel Pemekaran Natar Agung Kembali Dimunculkan, Sempat Jadi Janji Politik Zainuddin - Nanang

Ist---

RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Setelah lama tidak dibahas kini kembali muncul isu pemekaran kabupaten Natar Agung, hal itu terlihat sebaran undangan berupa ajakan kepada tokoh masyarakat, tokoh adat, pengurus rumah ibadah hingga anggota DPRD yang menjabat saat ini hingga yang baru terpilih pada Pilkada beberapa bulan lalu.

Yang menjadi pertanyaan mengapa pemekaran wilayah atau kabupaten Natar Agung dimunculkan saat momen Pemilihan Bupati Lamsel saja, benarkah isu ini dimainkan untuk menarik perhatian masyarakat supaya tertarik kepada salah satu calon.

Mengutip pemberitaan Harianpilar.com pada tahun 2015 isu pemekaran kabupaten baru dihumbar dalam kampanye pasangan calon bupati Zainuddin Hasan dan Nanag Ermanto yang saat itu maju memperebutkan kursi BE 1 D.

Dalam pemberitaan itu, pasangan Zainudim-Nanag Ermanto menyatakan siap memekarkan kecamatan.

Kedua pasangan tersebut siap memekarkan 5 kecamatan, Natar, Jatiagung, Tanjung Bintang, Tanjung Sari dan Merbabu Mataram.

Kala itu Nang Ermanto menyebutkan, pemekaran daerah otonomi baru tersebut sudah lama digulirkan oleh masyarakat di 5 kecamatan.

" Waktu saya di DPRD wacana itu sudah ada, kami pasang nomor urut 3 apa bila terpilih menjadi bupati dan wakil bupati Lampung Selatan, kami akan perjuangkan masalah pemekaran tersebut," kata Nanag waktu itu.

Nanang dalam isi Berta itu juga menyebutkan, masyarakat di lima kecamatan sangat berharap bisa mekar dari wilayah Lampung Selatan, hal tersebut supaya bisa m membuat kesejahteraan di daerah mereka.

Kala itu Nanag Ermanto juga mengatakan, isu pemekaran kabupaten tersebut bukan hanya sekedar janji saja, tetapi adalah sebuah perjuangan untuk kesejahteraan masyarakat.

" Kami akan komitmen dengan wacana ini, karena saya juga warga dari kecamatan Tanjung Bintang, yang mana pemekaran itu sangat penting," kata Nanag Ermanto lagi.

Untuk lebih meyakinkan masyarakat di lima kecamatan, Zainudin Hasan saat debat calon bupati pada10 Oktober 2015, dirinya siap memekarkan Natar Agung menjadi kabupaten.

" Saya siap memperjuangkan Natar Agung menjadi kabupaten, semua itu demi meratanya pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, " kata Zainuddin dihadapan calon bupati Lamsel waktu itu.

Tapi faktanya hingga kini Lima kecamatan tersebut tidak juga dimekarkan menjadi kabupaten, bahkan dibahas saja tidak pernah sekali pun baik di pemerintah atau di DPRD Lampung Selatan.

Saat ini, Isu pemekaran kabupaten Natar Agung kembali mencuat kepermukaan, pada hari ini 27 April 2024 Panitia Persiapan Pemekaran Otonomi Baru Kabupaten Natar Agung akan menggelar pertemuan silaturahmi akbar sekaligus hala bihalal yang berlokasi di kecamatan Jati Agung tepatnya di masjid Raya Airan.

Sumber: