Desa Mandah Kecamatan Natar Realisasikan Anggaran Ketahan Pangan Dengan Membeli 5 Ekor Sapi

Desa Mandah Kecamatan Natar Realisasikan Anggaran Ketahan Pangan Dengan Membeli 5 Ekor Sapi

Pemerintah Desa Mandah, kecamatan Natar, kabupaten Lampung Selatan merealisasikan program ketahanan pangan dengan membeli 5 ekor sapi. Febi Herumanika/ Radarlamsel---

NATAR, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Pemerintah Desa Mandah, kecamatan Natar, kabupaten Lampung Selatan merealisasikan program ketahanan pangan dengan membeli 5 ekor sapi menggunakan anggaran dana desa tahap pertama tahun 2024.

Penyerahan sapi kepada kelompok ternak di desa Mandah disaksikan langsung pemerintah kecamatan, Tenaga Pendamping Profesional Kementrian Desa, Babinsa dan masyarakat sekitar.

Kepala Desa Mandah Sodikin mengatakan, realisasi program ketahanan pangan dilaksanakan hari ini dengan menyerahkan 5 ekor sapi kepada kelompok ternak.

Anggaran dana desa yang digunakan untuk program ketahanan pangan ditahap pertama sebesar Rp70 juta.

Ditahap berikutnya akan ada lagi program ketahanan pangan berupa pembangunan jalan usah tanai, pembagian bibit ikan untuk dibudidayakan didalam ember, bibit sengon dan alpukat.

" Untuk hari ini realisasi pembagian ternak sapi sebanyak 5 ekor. Nanti di tahap kedua kami membangun jalan di dua lokasi, bibit alpukat, dengan dan peralatan budidaya ikan dalam ember slberikut ikan dan pakannya," ujar Sodikin.

Semoga dengan adanya program ketahanan pangan yang diprioritaskan kementerian desa setiap tahunnya dapat mewujudkan desa dengan ketahanan pangan yang tangguh dan unggul.

" Nanti sapi-sapi ini kalo sudah berhasil diberikan kepada kelompok ternak lainnya, jadi sistemnya bergilir supaya semua dapat merasakan program tersebut," kata Sodikin.

Kasi Ekonomi Pembangunan kecamatan Natar, Edo Hansen menyampaikan harapannya supaya program ketahanan pangan ini betul-betul berjalan sebagaiman mestinya.

" Kalau program ini berjalan dengan baik, kelompok ternak yang ada di desa dapat merasakan manfaatnya dari dana desa melalui program ketahanan pangan selama ini. Dan Alhamdulillah beberapa desa di kecamatan Natar sudah merealisasikan program ini," kata Edo.

Nurmala Sari Selaku Kordinator Pendamping Desa kecamatan Natar mengatakan, beberapa desa sudah merealisasikan pekerjaan infrastruktur jalan usaha tani program ketahanan pangan, sebagian desa juga sudah melaksanakan ketahanan pangan hewani berupa ternak.

" Harapannya desa yang sudah mengambil dana ketahanan pangan untuk segera merealisasikan anggaran tersebut supaya semua program berjalan dengan baik," katanya.(*)

 

Sumber: