Peluang Masuk Lomba Desa Tingkat Nasional Bikin Nanang Khawatir

Peluang Masuk Lomba Desa Tingkat Nasional Bikin Nanang Khawatir

--

PALAS, RADARLAMSEL.DISWAY.ID – Desa Bumidaya, Kecamatan Palas nampaknya berpeluang maju dalam kontestasi lomba desa tingkat nasional. Itu terungkap, saat Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto dan jajarannya melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Kantor Kecamatan Palas, Kamis (6/6) siang kemarin.

Tapi di depan masih ada tantangan yang lebih berat. Kekompakan harus lebih tingkatkan, sebab kontestasi membawa nama baik Lampung Selatan.

Di kesempatan itu Nanang mengungkapkan rasa kekhawatirannya sejak Bumidaya mengikuti lomba desa tingkat provinsi. Sebab saat itu ia baru saja mengganti camat palas, dari sebelumnya dijabat Rosalina kemudian diganti oleh Suharyanah.

“Kekhawatiran saya itu sungguh luar biasa sebetulnya. Karena buk camat ini baru, dan basicnya memang dari Pendidikan. Tapi sedalam itu, ketakutan saya semakin cemas kemarin itu,” kata Nanang.

Pada inspeksi itu seluruh jajaran Pemerintahan di Kecamatan Palas mulai dari camat, Kepala Unit Pelaksana Teknis (KUPT), sehingga jajaran staf di Kantor Kecamatan Palas dikumpulkan di Aula Way Pisang.

BACA JUGA:Kades Semringah, Masa Jabatan Sah Bertambah 2 Tahun, Erdiyansyah: Tinggal Revisi SK

Dalam kesempatan ini Nanang menekankan, bawha Camat Palas, Surhayanah merupakan perpanjangan tangan pemerintah daerah sebagai koordinator wilayah kecamatan yang memiliki otoritas.

“Jadi camatan ini komandannya, saya tidak mau ada orang-orang luar yang mengatur-ngatur,” sambungnya.

Nanang juga meminta semua jajaran Pemerintahan Kecamatan Palas menjaga kekompakan dan saling memberikan dukungan. Seluruh jajaran KUPT juga diminta untuk selalu melakukan koordinasi kepada camat yang memiliki wewenang.

“Siap enggak ini? Kalua enggak siap  ya, saya ganti. Kalau enggak bisa untuk membantu menggokordinasikan, kerjasama dengan kecamatan. Siap enggak ini KUPT? jadi enggak ada KUPT yang ngatur-ngatur camat, tapi memberi koordinasi suatu masukan monggo,” terangnya.

Camat Palas juga diberi kewengan penuh sebagai perpanjangan tangan pemerintah daerah untuk mengevaluasi program-program yang ada di UPT.

Sebelum menutup kegiatan tersebut Nanang mengharapkan camat palas proaktif dalam forum koordinasi pimpinan kecamatan (Forkopimcam).

“Karena pak Erdi ada gambaran seperti itu (Menang). Saya takut kita ditunjuk menjadi tim pemenang kita masih kocar-kacir. Jadi bucamat proaktif koordinasi dengan forkopimcam,”tutupnya.

Sementara itu Camat Palas, Suharyanah enggan memberikan tanggapan soal inspeksi mendadak tersebut. Begitu juga dengan Sekretaris Kecamatan Palas, Suyadi juga enggan berkomentar. (vid)

Sumber: