Pengabdian Masyarakat di SMA Negeri 2 Kalianda, FMIPA Unila Kuatkan Pelatihan Konsep dan Materi Olimpiade

Pengabdian Masyarakat di SMA Negeri 2 Kalianda, FMIPA Unila Kuatkan Pelatihan Konsep dan Materi Olimpiade

Kepala SMA Negeri 2 Kalianda, Herwansyah, S.Pd memberikan cindera mata kepada Ketua Kegiatan Pengabdian Masyarakat, Dr. H. Muslim Ansori,M.Sc. dari FMIPA Unila yang diselenggarakan di aula sekolah setempat.--

KALIANDA, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung menunjukkan komitmennya dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di wilayah Lampung, khususnya di Lampung Selatan. FMIPA sendiri melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat.

Kegiatan itu berupa pelatihan intensif yang difokuskan pada penguasaan konsep, dan materi olimpiade matematika bagi siswa dan guru matematika di SMA Negeri 2 Kalianda. Pihak sekolah sendiri merasa sangat bangga karena FMIPA Unila telah berinisiatif menjalin kerja sama pelatihan ini.

"Saya selaku kepala sekolah merasa sangat terhormat," ujar Kepala SMA Negeri 2 Kalianda, Herwansyah, S.Pd kepada Radar Lamsel, Senin, 10 Juni 2024.

Kegiatan ini, lanjut Herwansyah, tentu sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas pendidikan di sekolahnya, khususnya dalam bidang matematika. Dia berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar, sehingga busa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi warga sekolah.

BACA JUGA:Penyumbang PAD Terbesar di Lampung Selatan, Infrastruktur Jalan Kabupaten di Kecamatan Natar Amburadul

"Mari kita manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk menimba ilmu dan berbagi pengalaman," katanya.

Pelatihan ini berlangsung dari tanggal 10 - 11 Juni 2024 yang menghadirkan sejumlah dosen dan pakar matematika dari FMIPA Universitas Lampung terdiri dari Prof. Wamiliana, Ph.D., Siti Laelatul C., M.Si.

dan Dina Eka Nurvazly, M.Si. Materi yang disampaikan mencakup berbagai topik matematika tingkat lanjut yang sering muncul dalam olimpiade matematika dan melatih siswa untuk bernalar

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa: 1. Membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan matematika tingkat lanjut agar lebih siap berkompetisi di ajang olimpiade. 2. Pengembangan Profesional Guru: Meningkatkan kemampuan guru dalam mengajarkan konsep-konsep matematika yang kompleks dengan metode yang efektif dan inovatif. 3 . Penguatan Kolaborasi Akademis: Memperkuat hubungan antara Universitas Lampung dan SMAN 2 Kalianda dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan melalui program pengabdian masyarakat yang berkelanjutan.

Antusiasme dan Respon Positif dari Pelatihan ini mendapatkan sambutan hangat dari Ketua kegiatan, Dr. H. Muslim Ansori,M.Sc. Muslim mengaku sangat bersemangat melihat antusiasme dari peserta pelatihan dan berkomitmen untuk terus mendukung SMAN 2 Kalianda dengan program-program pelatihan yang lebih intensif di masa depan.

Dwi Fadila Rahmatika, S.Pd., salah satu guru matematika di SMAN 2 Kalianda, mengatakan bahwa siswa, dan guru-guru matematika juga merasakan manfaat yang besar dari pelatihan ini. Dia mendapatkan banyak wawasan baru tentang cara mengajarkan konsep-konsep matematika.

"Yang kompleks dengan lebih efektif. Ini sangat bermanfaat untuk pembelajaran di kelas," kata dia.

Pelatihan ini merupakan langkah nyata dalam upaya meningkatkan prestasi akademik siswa dan kapasitas profesional guru di SMAN 2 Kalianda. Dengan dukungan dari FMIPA Universitas Lampung, diharapkan siswa-siswa SMAN 2 Kalianda dapat meraih prestasi yang lebih tinggi di ajang olimpiade matematika.

Kemudian para guru juga dapat menginspirasi serta mendidik siswa dengan lebih efektif. Sinergi antara lembaga pendidikan tinggi dan sekolah menengah ini diharapkan dapat menjadi model bagi upaya peningkatan kualitas pendidikan di tempat lain. (rnd/rls)

Sumber: