MPLS di SDN 4 Sukadamai Natar Mengambil Tema Pencegahan Kekerasan di Lingkungan Sekolah

MPLS di SDN 4 Sukadamai Natar Mengambil Tema Pencegahan Kekerasan di Lingkungan Sekolah

Foto : Istimewa ---

NATAR, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Sukadamai, kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan berjalan dengan lancar. 

Kepala Sekolah SDN 4 Sugiyono, S. Pd. Mengatakan, MPLS merupakan periode penting untuk siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru.

Menurut Sugiyono, Pengenalan Lingkungan Sekolah tujuannya untuk memperkenalkan siswa pada budaya, norma, dan tata tertib sekolah, dan membantu mereka beradaptasi dengan lingkungan serta teman-teman baru. 

" sangat penting bagi sekolah untuk memastikan bahwa Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah dilaksanakan dengan cara yang aman, nyaman, dan mendukung perkembangan anak," ujar Kepala Sekolah SDN 4 Sukadamai.

Transisi PAUD ke Sekolah Dasar menjadi masa yang penting bagi anak-anak. Mereka akan masuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi sekaligus masuk pada lingkungan baru. 

Sekolah perlu menyiapkan agar masa MPLS bagi peserta didik baru yang secara psikologis juga memasuki jenjang sekolah dengan struktur pembelajaran yang berbeda. Pelibatan orang tua dalam masa MPLS sangat penting untuk kesuksesan adaptasi anak.

di Tahun ini kata Kepala Sekolah SDN 4 Sukadamai, pihaknya mengambil tema " Pencegahan Kekerasan di Lingkungan Sekolah" tema ini sangat penting, karena untuk menghindari terjadinya kekerasan di lingkungan sekolah.

" Harapan besar tidak ada kekerasan dilingkungan sekolah, dengan begitu kami sampaikan kepada anak didik supaya mereka lebih paham dan mengerti," ucap Kepala Sekolah SDN 4 Sukadamai.

MPLS bukan hanya sekadar orientasi, tetapi juga momen penting untuk membangun fondasi yang kuat bagi siswa baru. 

Tujuan utama MPLS adalah membantu siswa mengenal lingkungan sekolah, membiasakan diri dengan jadwal dan kegiatan sekolah, serta mengenal guru dan staf.

 Selain itu, MPLS juga bertujuan untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa, seperti kerjasama, komunikasi, dan kepemimpinan. Adaptasi ketrampilan sosial sangat prioritas bagi transisi anakdari PAUD ke SD.(*)

 

Sumber: masa pengenalan lingkungan sekolah