Nge-Vlog Pancing Wisatawan
KALIANDA - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Lampung Selatan punya cara jitu untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke kabupaten gerbang krakatau ini. Cara yang dilakukan yakni menggelar sebuah event Vlog Competition 2020 Lampung Selatan Amazing bertema “Pesona Tersembunyi di Lampung Selatan”. Event (Nge Vlog) yang digelar disparbud Lamsel melalui bidang pemasaran ini juga, sekaligus untuk memberikan kesan dan kenangan manis bagi para peserta akan potensi wisata alam, budaya bahkan wisata kuliner yang ditemui dikabupaten Lampung Selatan. Tak disangka, kegiatan tersebut mendapatkan antusiasme cukup besar dari para vlogger lokal maupun luar Lampung Selatan, buktinya sebanyak 50 vlogger turut berpartisipasi dalam lomba tersebut. Kepala Disparbud Lamsel Ir. Rini Ariasih menuturkan, melalui lomba Vlog Competition 2020 ini, diharapkan semua potensi wisata di Lamsel bisa dikenal hingga mancanegara, dan menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke kabupaten berjuluk serambi sumatera ini. \"Lomba Vlog ini bertujuan untuk mempromosikan objek wisata dan Budaya di Lamsel, sekaligus memberikan kesempatan kepada masyarakat umum untuk berpartisipasi mempromosikan potensi kepariwisataan, melalui kreatifitas dan Inovatif karya seni yang dimiliki dalam era digital sekarang ini,” ujar Rini Ariasih, saat membuka acara lomba Nge Vlog wisata Lamsel, yang berlangsung di Objek wisata Negeri Baru Resort (NBR) Kalianda, Selasa (22/12) kemarin. Dijelaskannya, dalam kegiatan lomba tersebut, terdapat 10 titik objek wisata yang wajib di Vlog oleh para peserta lomba seperti objek wisata Way Belerang Kalianda, Pulau Sebesi, Pulau Minangrua, Pulau Mengkudu, Pulau Kedu Warna, Pantai Marina, Makam Pahlawan Khadin Intan II, Air Terjun Waykalam, Air Terjun Layang dan Pulau Semukuk. “Untuk proses Nge Vlog nya, itu sudah bisa dimulai oleh para peserta pada hari ini (kemarin, red), sampai dengan tanggal 26 Desember 2020. Dan pemenangnya nanti, akan diumumkan oleh pihak penyelenggara pada tanggal 28 Desember 2020,” katanya. Sementara itu, Kabid Pemasaran Disparbud Lamsel Budi Prasetyo menuturkan, video vlog hasil karya para peserta lomba, nantinya akan dijadikan umpan oleh pihaknya guna memancing para wisatawan baik lokal maupun mancanegara, untuk mengunjungi objek-objek wisata yang ada di Kabupaten Lampung Selatan. “Kami berharap dengan adanya video-video objek wisata hasil Nge Vlog para Vlogger yang ditampilkan diberbagai media sosial, bisa menarik minat wisatawan untuk datang ke Lampung Selatan. Hal itu tentunya akan berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat di Lampung Selatan,” pungkasnya. (Iwn)
Sumber: