Disnakertrans Latih Muda-mudi Jadi Barista

Disnakertrans Latih Muda-mudi Jadi Barista

Ist - Kepala Disnakertrans Kabupaten Lampung Selatan, Dra. Intji Indriati, bersama jajaran dan LPK Indonesia Hotel School menggelar pelatihan barista kepada pemuda-pemudi.--

KALIANDA, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lampung Selatan terus berupaya mengasah kemampuan pemuda-pemudi supaya memiliki keahlian. 

Bukan cuma mencari pekerjaan saja yang menjadi tujuannya, tetapi juga memiliki peluang berwirausaha. Pada Senin, 21 Agustus 2023, mengadakan pelatihan barista. 

Disnakertrans bekerja sama dengan LPK Indonesia Hotel School dalam menyelenggarakan pelatihan itu. Ada dua materi yang jadi pembahasan. Pelayanan terhadap konsumen atau pelanggan jadi materi utama. 

Lalu materi kedua adalah cara meracik kopi menjadi minuman panas atau dingin. Bahkan bisa ditambah dengan minuman dingin lainnya. Materi pertama menyinggung tentang etika dalam melayani konsumen, dan standar grooming atau penampilan seorang barista. Kemudian ada teknik membuat mocktail atau minuman campuran dingin non alcohol, serta macam-macam kopi panas dan kopi dingin. 

BACA JUGA:Pemkab Bina Pemuda, Suarakan Anti LGBT!

Kepala Disnakertrans Kabupaten Lampung Selatan, Dra. Intji Indriati, M.H. menyebut kalau 30 orang yang menjadi peserta latihan merupakan pencari kerja. 

"Mayoritas itu, tetapi kami memotivasi mereka supaya punya usaha sendiri dengan menjadi barista," ujar Intji di Kalianda. 

Intji bilang pelatihan memang fokus terhadap keterampilan individual yang kelak bisa membentuk peserta menjadi barista yang mumpuni. Dengan begitu, mereka akan siap menghadapi dunia kerja maupun dunia usaha di bidang barista. 

"Kami akan berupaya mencarikan tempat untuk mereka. Supaya ilmunya langsung bisa terpakai dan diterapkan," katanya. 

Tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang mereka bisa memiliki semangat usaha dengan menjadi enterpreneur di usia muda. 

Apabila hal itu terjadi, Intji meyakini akan banyak peluang usaha dan peluang bagi pencari pekerjaan di Kabupaten Lampung Selatan. "Secara tidak langsung pemerintah daerah telah menciptakan pemuda dan pemudi yang siap menggeluti bidang bisnis," katanya. (rnd)

Sumber: