Presiden Jokowi mengusulkan Jenderal Agus Subiyanto menggantikan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono

Presiden Jokowi mengusulkan Jenderal Agus Subiyanto menggantikan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono

Foto : Disway.id--

RADARLAMSEL.COM -- Presiden Jokowi mengusulkan Jenderal Agus Subiyanto menggantikan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang akan pensiun pada 26 November mendatang.

Dilansir Presidenri.go.id, Presiden Jokowi juga menilai Jenderal Agus memenuhi seluruh syarat untuk diangkat menjadi Panglima TNI. Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi kepada awak media di Kawasan Proyek Pembangunan Jalan Tol IKN di Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu, 1 November 2023.

 “Kami sudah memberitahumu sekitar seminggu yang lalu. Dia pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat, kemudian Kepala Staf Angkatan Darat. Tapi kalau dilihat dari jam terbangnya, menurut saya secara teritorial, administratif, akademis semuanya sudah sesuai,” kata Presiden.

 Soal pengganti Jenderal Agus diposisi KASAD, Presiden Jokowi belum mengambil keputusan. Menurut dia, pihaknya masih menunggu persetujuan DPR atas pengangkatan Jenderal Agus sebagai Panglima TNI. “Ya, satu per satu. Ini perlu persetujuan DPR dulu, dan baru setelah persetujuan itu kita memikirkan KSAD yang baru,” ujarnya.

 Diketahui sebelum menjadi KSAD, Jenderal Agus Subiyanto merupakan Wakil KSAD. Ia juga tercatat pernah menduduki beberapa posisi di antaranya Pangdam III/Siliwangi, Komandan Paspampres, dan Danrem 061/Surya Kencana.

 Presiden Jokowi mencalonkan Jenderal Agus Subiyanto menggantikan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang akan pensiun pada 26 November.(*)

Sumber: