HUT Kodam II/Swj ke- 78 Tahun, Kodim 0421/Lamsel Gelar Karya Bakti Normalisasi Sungai Way Kandis desa Sidosari

HUT Kodam II/Swj ke- 78 Tahun, Kodim 0421/Lamsel Gelar Karya Bakti Normalisasi Sungai Way Kandis desa Sidosari

Dalam Rangka HUT Kodam II/Swj, Jajaran Kodim 0421/Lamsel, Koramil Natar Gelar Karya Bakti. Febi Herumanika/Radarlamsel.disway--

NATAR, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Jajaran Kodim 0421/Lampung Selatan, Koramil Natar melaksanakan karya bakti membersihkan aliran sungai Way Kandis desa Sidosari kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam II/Swj Ke 78, Sabtu 9 Desember 2023.

Karya Bakti yang dilakukan bertema " TNI Manunggal Bersama Rakyat, Mitigasi Bencana Alam".

Kegiatan karya bakti di sungai Way Kandis desa Sidosari meliputi sasaran memberikan tumpukan sampah, rumput liar di sekitar bantaran sungai dan Normalisasi Sungai Way Kandis sepanjang 650 meter.

Sebelum kegiatan dilaksanakan, personel yang terlibat Karya Bakti melaksanakan apel guna menerima perintah dan petunjuk dari Komando atas, pengambil apel Danramil 421-06/Natar Kapten Chb Agus Masgusriyanto.

Dalam kesempatan itu Kapten Agus sapaan akrabnya Mengatakan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan, sebagai upaya mencegah terjadinya bencana banjir di wilayah dan menciptakan lingkungan yang sehat.

Karena memang saat ini sudah memasuki musim hujan, jadi dengan adanya pembersihan lingkungan berupa normalisasi sungai, adalah salah satu upaya pencegahan agar saluran sungai tidak terhambat serta tidak terjadi banjir.

"tentunya ini merupakan implementasi Perintah dari Komando atas, untuk membantu masyarakat dalam mengantisipasi Bencana banjir karena sudah memasuki musim penghujan” jelasnya.

Selain melaksanakan pembersihan sungai, Anggota TNI juga melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat sekitar aliran sungai agar menjaga kebersihan air sungai, Dengan harapannya, setelah dilaksanakan pembersihan, tidak ada lagi masyarakat maupun para pedagang, yang membuang sampah di sembarang.

"Karena Berbagai macam penyakit dan banjir, yang sewaktu-waktu akan dapat terjadi akibat banyaknya tumpukan sampah di aliran sungai Way Kandis desa Sidosari ini,” ungkapnya.

Kegiatan Pembersihan tumpukan sampah, rumput liar dan Normalisasi sungai yang melibatkan Tiga Pilar, TNI, Polri dan Pemerintah Kecamatan Natar difokuskan di sungai Way Kandis dengan panjang 650 Meter yang berada di Desa Sidosari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan

Hadir langsung dalam kegiatan tersebut, Danramil 421-06/Natar Kapten Chb Agus Masgusriyanto beserta anggota, Danramil 421-05/Padang Cermin Kapten Cba Siswoko beserta anggota, Camat Kecamatan Natar, Supi'ah,S.Ag beserta ASN nya, anggota Koramil 421-01/Kedondong, anggota Koramil 421-02/Gedong Tataan, anggota Polri dari Polsek Natar, Satpol PP Kecamatan Natar, Kepala Desa Sidosari, Fadli Irawan dan perangkatnya, Tokoh Agama, Adat, Masyarakat, Pemuda, Pramuka, Pelajar, Ormas Laskar Merah putih serta Masyarakat Desa Sidosari

Kegiatan ini Merupakan wujud nyata kepedulian TNI terhadap lingkungan masyarakat di wilayah. "Kami tak kan mampu dan bisa melaksanakan kegiatan tersebut tanpa dukungan dan bantuan pemerintah dan warga tentunya melibatkan semua komponen masyarakat melaksanakan gotong-royong untuk membersihkan tumpukan sampah dan normalisasi sungai, Sekali lagi dengan harapan dibersihkan sungai untuk menyadarkan warga agar tidak membuang sampah dialiran sungai lagi," kata Kapten Agus.

Sementara itu Camat Kecamatan Natar, Ibu Supi'ah,S.Ag, mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginnya kepada TNI Kodim 0421/Lamsel yang telah membantu pembersihan dan Normalisasi sungai turun langsung ke sungai

Juga semua pihak masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dan semoga hal ini membawa kebaikan untuk masyarakat Desa Sidosari Khususnya dan Masyarakat Natar Umum nya, banjir tidak lagi terjadi di wilayah Kecamatan Natar

Sumber: