Selain Budidaya Berbagai Ikan Konsumsi, UPTD Perikanan Kecamatan Natar Kembangkan Puluhan Jenis Ikan Hias

Selain Budidaya Berbagai Ikan Konsumsi, UPTD Perikanan Kecamatan Natar Kembangkan Puluhan Jenis Ikan Hias

Petugas UPTD Perikanan kecamatan Natar Menunjukkan Budidaya Ikan Hias.Febi Herumanika/Radarlamsel.disway.id---

NATAR,RADARLAMSEL.DISWAY.ID -- Selain budidaya ikan konsumsi Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perikanan kecamatan Natar beberapa tahun belakangan juga membudidayakan setidaknya 10 jenis ikan air tawar, hal ini diungkapkan Kepala UPTD Perikanan kecamatan Natar Heri Fahmi.

" untuk ikan konsumsi masih berjalan seperti biasa, ada beberapa jenis yang kami budidayakan disini. Selain untuk konsumsi ada sekitar 10 jenis ikan hias juga kami budidayakan di UPTD," ungkap Heri Fahmi.

Beberapa ikan konsumsi yang dikembangkan di UPTD seperti, ikan lele, patin, nila gurame, sementara untuk ikan hias seperti ikan gupi, koki, molly, platy, dan lain - lainnya.

" untuk ikan hias ini sangat mudah sebetulnya untuk dibudidayakan, jumlah sekali produksinya juga selalu banya hanya saja indukannya terkadang dua kali produksi mati, jadi kami perbanyak dulu indukan supaya terus berkembang," ungkap Heri.

Untuk pemasaran pun kata kepala UPT Perikanan, cukup mudah karena belakangan banyak yang datang ke UPTD untuk membeli ikan hias, selain datang untuk membeli ikan pembil pun terkadang belajar cara budidaya ikan hias di tempatnya.

" yang datang biasanya penjual ikan di kios-kios ikan hias, ada yang dari Bandar Lampung, ada juga pedagang keliling sekolahan," ungkapnya.

Untuk ikan konsumsi sendri lanjut dia, pihaknya jarang menjual yang sudah siap konsumsi karena rata-rata anakan dari hasil produksi di UPT dikembangbiakkan untuk menambah produksi kedepanya.

" Hasil produksi disini ada yang diberikan kepada kelompok di desa-desa untuk dibudidayakan oleh kelompok tersebut," katanya.

Heri Pahami menambahkan, Pihak UPT juga selalu aktif memberi penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat yang budidaya ikan hias di kecamatan Natar.

" tim penyuluh disini aktif mendatangi kelompok-kelompok budidaya ikan hias, jadi kami lakukan pembinaan supaya usaha mereka berhasil." Jelasnya.

Sebelumnya Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perikanan Kecamatan Natar aktif melakukan pembinaan serta penyuluhan terhadap kelompok usaha ikan hias di kecamatan setempat.

Ketua tim Penyuluh UPT perikanan Natar Oktarina mengatakan, di kecamatan Natar setidaknya ada 4 kelompok ikan hias yang aktif. 

" Natar ada 4 kelompok ikan hias yang terletak di desa Natar ada 2 kelompok ( Pokdakan Perintis dan Pokdakan Payung Printis Akuatik) dan di desa Merakbatin (Pokdakan Bina Mulya dan Pokdakan Mitra Sejati)," ujar Okta sapaan akrabny.

Okta menjelaskan di kecamatan Natar ada beberapa komoditas ikan hias, seperti cupang, Koki, Guppy, platis, manvis dan Blac molly. 

Sumber: