Lamsel Rajai Pertumbuhan Ekonomi Lampung, 1.446 Usulan Musrenbang Diselaraskan

Lamsel Rajai Pertumbuhan Ekonomi Lampung, 1.446 Usulan Musrenbang Diselaraskan

Diskominfo Lamsel - Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, menerima distribusi anggaran dan lokasi program kegiatan APBD Provinsi Lampung dari Kepala Bappeda Provinsi Lampung, Elvira Umianni, di acara Musrenbang RKPD tahun 2025 di Aula Rimau Bappeda L--

KALIANDA,RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Kerja keras Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, dan jajarannya untuk menumbuhkan perekonomian terbukti berhasil. 

Bappeda Provinsi Lampung menyebut bahwa pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Lampung Selatan pada tahun 2023 sangat memuaskan. 

Kepala Bappeda Provinsi Lampung, Elvira Umianni, menerangkan angka pertumbuhan di Kabupaten Lampung Selatan berada di angka 4,82 persen. Angka itu, kata Elvira, merupakan yang tertinggi jika dibandingkan dengan 13 kabupaten lain yang ada di Provinsi Lampung. 

Artinya, lanjut Elvira, hal ini menunjukkan kalau Kabupaten Lampung Selatan memang sudah pulih dari pandemi Covid-19. Dan upaya-upaya yang dilakukan Nanang Ermanto, dan jajaran untuk mengembalikan pergerakan perekonomian sehingga menjadi yang tertinggi di level kabupaten. 

BACA JUGA:Unggul Real Count Sementara, Rycko Enggan Jumawa

Ke depannya dengan beberapa program kewilayahan yang ada di Lampung Selatan, baik dari Provinsi Lampung maupun dari Pemerintah Pusat diyakini pergerakan perekonomiannya akan terus meningkat. Sesuai dengan tema RKPD tahun 2025 yang fokus dengan inklusi. 

"Pak Bupati juga menghadirkan forum disabilitas. Jadi harapannya pertumbuhan ekonomi ini tidak hanya terpusat di Kalianda dan sekitarnya, tetapi juga di seluruh kecamatan," ujarnya saat diwawancarai awak media di halaman Aula Rimau Bappeda Kabupaten Lampung Selatan, Kamis, 29 Februari 2024. 

Bappeda Provinsi Lampung memandang Lampung Selatan memiliki banyak sektor yang mempengaruhi peningkatan ekonomi. Mulai dari pariwisata bahari, lalu ada Bakauheni Harbour City (BHC), kemudian sektor pertanian di Lampung Selatan yang menjadi lumbung pangan. 

"Industri pengolahan dengan tersebarnya industri besar maupun industri kecil. Tadi kita lihat produk UMKM, jadi memang semua sektor berkembang dengan baik. Semua relatif meningkat," katanya. 

Lebih lanjut, Elvira mengatakan bahwa Bappeda Provinsi Lampung akan terus mendorong Kabupaten Lampung Selatan untuk membangkitkan multiplayer efektif besar yakni pariwisata. Itu, kata Elvira, adalah sektor yang sangat berdampak besar bagi masyarakat sekitar. 

Kepala Bappeda Lampung Selatan, Aryan Sahurian menyampaikan, dari Musrenbang kecamatan yang telah diselenggarakan, menghasilkan 1.446 usulan dari seluruh kecamatan. "Selain itu, terdapat juga 18 usulan dari rekan-rekan disabilitas," kata Aryan Sahurian.

Di tempat yang sama, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto mengatakan, semua usulan yang telah terhimpun, sudah diinput ke aplikasi dan masuk ke daftar usulan yang akan segera direalisasikan. "Mudah-mudahan usulan ini bisa segera kita wujudkan," kata Nanang dalam sambutannya.

Lebih lanjut Nanang menyampaikan, jika kegiatan tersebut merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan dari tingkat desa hingga nasional sebagai bentuk musyawarah dalam menentukan rencana pembangunan daerah. Menurutnya, hal ini menjadi kesempatan untuk menentukan pembangunan berkelanjutan yang strategis, terlebih dalam bidang perekonomian.

Dia meminta, kepada seluruh pihak terkait untuk terus melakukan perbaikan dan menelisik potensi yang mampu menumbuhkan perekonomian masyarakat guna menghadirkan perputaran ekonomi di Kabupaten Lampung Selatan.

Sumber: